Senin, 15 Jul 2019 08:50 WIB

Bisa Jadi 'Racun' Bila Berlebihan, Medsos Bikin Radit Gampang Julid

Rosmha Widiyani - detikHealth
Tips dari Radit jangan suka membandingkan diri dengan orang lain di media sosial. (Foto: Roshma Widiyani/detikHealth) Tips dari Radit jangan suka membandingkan diri dengan orang lain di media sosial. (Foto: Roshma Widiyani/detikHealth)
Jakarta - Menjaga kondisi mental sehat memang tidak mudah. Namun juara L-Men of The Year 2019 Raditya Wahyu Suseno punya tips supaya jiwa selalu dalam kondisi baik dan sehat, terutama saat bermedia sosial.

"Jangan julid ya meski kayaknya lebih banyak dijulidin. Sosial media bisa jadi racun kalau terus-terusan bikin iri dan nggak tenang. Kita harus menjaga input dalam diri kita tetap positif," kata Radit, Minggu (14/7/2019).


Selain julid (judes lidah alias nyinyir) dan iri, Radit juga menyoroti perilaku membanding-bandingkan. Sama seperti yang lain, perilaku perilaku ini berisiko mengakibatkan penyakit hati yang bikin hidup tidak tenang. Misal berburuk sangka pada orang lain yang dianggap lebih mampu dan berhasil.

Kendati begitu, tidak mungkin melepaskan diri dari penggunaan media sosial. Supaya tetap sehat mental, Radit selalu berusaha punya pikiran positif menanggapi medsos. Dia juga berupaya menyingkirkan pikiran negatif supaya hidup tetap tenang.

Tips sehat jiwa lain ala Radit adalah menjaga motivasi dalam diri. Motivasi memungkinkan Radit menyelesaikan berbagai kegiatan sambil tetap berpikir positif. Motivasi juga yang membantunya meraih berbagai prestasi.



Simak Video "Kata Dokter Jiwa soal Ramai 'Keluhan' Pasca Nonton Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)