Selasa, 16 Jul 2019 19:23 WIB

Sama-sama Mematikan, Ini Bedanya Henti Jantung dengan Serangan Jantung

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi serangan jantung. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi serangan jantung. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Dindin Syarifudin yang kerap disapa Bang Dindin atau Nidz, salah satu anggota Orkes Moral meninggal dunia pada Senin (15/7/2019). Dindin berpulang pada pukul 17.57 WIB di RS Harapan Kita, Jakarta akibat serangan jantung.

Serangan jantung berbeda dengan henti jantung meski dampaknya sama-sama berbahaya bagi pasien. Dengan perbedaan tersebut, penanganan pada pasien serangan dan henti jantung tidak sama.

"Henti jantung memerlukan penanganan pijat jantung luar atau Cardiopulmonary Resuscitation (CPR). Sedangkan serangan jantung biasanya mengonsumsi obat yang diletakkan di bawah lidah, serta diberi jalan supaya bisa bernapas dengan lega," kata dokter ahli jantung dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA.



Dikutip dari situs Heart, jantung sebetulnya masih berdetak saat mengalami serangan. Namun jantung tidak mendapat cukup asupan darah dan oksigen akibat ukuran pembuluh darah yang makin sempit. Akibatnya terjadi kematian otot dan kerusakan jantung, yang bisa mengakibatkan kematian jika tidak segera ditangani.

Berbeda dengan serangan, jantung berhenti berdetak selama mengalami heart arrest. Henti jantung diakibatkan gangguan aliran listrik sehingga jantung tidak bisa berdetak normal, atau yang biasa disebut aritmia. Henti jantung mengganggu distribusi darah ke berbagai organ vital, misal otak, yang tanpa penanganan secepatnya bisa berakhir dengan kematian.

Henti jantung biasa terjadi pada pasien dengan kerusakan jantung koroner, bawaan, atau mengalami kecelakaan. Penanganan CPR membantu jantung kembali berdetak sehingga pasien berpeluang selamat. Sedangkan pada pasien serangan jantung, kondisi diantisipasi dengan kontrol teratur, menghindari faktor risiko, dan mencoba hidup lebih sehat misal tidak merokok.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)