Rabu, 17 Jul 2019 07:10 WIB

Daripada Bawa Makanan 'Ajaib' Khas MOS, Mending Bikin Bekal Sehat!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kadang saat MOS ada yang ditugaskan membawa makanan dengan nama ajaib. (Foto ilustrasi: Isal Mawardi/detikcom) Kadang saat MOS ada yang ditugaskan membawa makanan dengan nama 'ajaib'. (Foto ilustrasi: Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Sederet makanan ajaib khas Masa Orientasi Siswa (MOS) bikin siswa baru pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak, permintaan senior kadang suka bikin geleng-geleng kepala.

Sebut saja wafer angin tornado, kucing burikan, penyihir pasir, ratu perak, minuman kanibal, sampai pesawat akhir alfabet yang kita nggak tahu pasti apa jenis makanannya. Aduh, mending memecahkan sandi morse saja rasanya!

Nah, daripada pusing-pusing, spesialis gizi klinis dr Diana F Suganda, MKes, SpGK, menyarankan mending bawa bekal ke sekolah. Selain lebih 'pasti', makanannya juga terjamin enak.

"Mending bawa bekal dari rumah. Bawa bekal juga bisa membantu mencegah obesitas," sebutnya saat dijumpai detikHealth di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019).


Bawa makanan dari rumah ke sekolah membuat kamu lebih bisa mengontrol asupan yang akan tubuhmu konsumsi. Sehingga momen keracunan makanan atau hal tidak diinginkan lainnya bisa dihindari. Kalau ada yang nyinyir, cuek aja!

"Nah itu yang salah (meledek saat bawa bekal-red) kenapa sih liat orang sehat itu nggak mau, bingung deh," tutur dokter yang lebih akrab disapa Diana ini.

Sebelumnya, ia juga mengingatkan agar MOS jangan dijadikan ajang untuk melakukan sesuatu yang di luar batas. Misal menyuruh siswa baru membawa makanan tertentu yang bisa jadi membahayakan.

"Duh kalau ngerjain nggak usah gitu-gitu amat kali ya. Kan itu juga berhubungan sama kesehatan. Kalau anaknya ntar moncor-moncor keracunan siapa yang mau tanggung jawab," pungkasnya.

(kna/up)