Rabu, 17 Jul 2019 09:54 WIB

Haishen, Teripang China yang Bisa Meningkatkan Stamina

Kintan Nabila - detikHealth
Teripang yang diteliti ilmuwan LIPI. (Foto: Kintan Nabila/detikHealth) Teripang yang diteliti ilmuwan LIPI. (Foto: Kintan Nabila/detikHealth)
Jakarta - Sekitar 400 tahun yang lalu masyarakat China mulai mengkonsumsi haishen untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Haishen dalam bahasa China artinya ginseng laut.

Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Ana Setyawati, mengatakan bahwa haishen yang dikenal orang China sebagai ginseng laut, ternyata adalah jenis biota laut teripang.

"Teripang ini sebagai penguat stamina, semacam multivitamin. Jadi kalau makan itu orang kuat terus. Selain itu juga bisa meningkatkan vitalitas," katanya saat diwawancarai detikHealth dalam acara temu media Riset Teripang di Indonesia di Jakarta Utara, Selasa (16/7/2019).


Ia juga menambahkan, pada awalnya di China teripang hanya makanan biasa. Namun sejak mulai dimakan oleh kaisar, teripang menjadi makanan mewah yang harganya mahal.

Orang-orang china mengolah teripang dengan cara dimasak sup. Namun, teripang ternyata tidak ada rasanya atau plain. Meski begitu, mereka menggemari olahan makanan laut ini karena berkhasiat tinggi.

Dengan dilakukannya riset teripang sebagai bahan dasar produk makanan kesehatan. Diketahui bahwa teripang memiliki kandungan anti kanker dan serat kolagen.

"Selain mengandung anti kanker, teripang juga memiliki serat kolagen tinggi. Bagus untuk awet muda. Selain itu bisa juga kalau habis operasi, luka nya dikasih obat berkolagen tinggi. Jadi cepat menutup lukanya," ujarnya.



Haishen, Teripang China yang Bisa Meningkatkan Stamina


Simak Video "Cryosurgery, Pilihan Warga RI Saat Obati Kanker ke Guangzhou"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed