Rabu, 17 Jul 2019 15:15 WIB

Penjelasan Ilmiah Kenapa Rasa Makanan Terasa Beda Saat Disantap di Pesawat

Firdaus Anwar - detikHealth
Menu makanan pesawat bisa terasa lebih hambar karena pengaruh situasi kabin. (Foto: iStock) Menu makanan pesawat bisa terasa lebih hambar karena pengaruh situasi kabin. (Foto: iStock)
Jakarta - Kalau kamu pernah mencoba menu makanan pesawat saat sedang terbang, mungkin kamu pernah menyadari kalau rasanya agak beda atau malah hambar. Tenang hal tersebut menurut ahli bukan hal yang aneh dan bisa dialami oleh banyak penumpang.

Direktur In-Flight Dining dan Retail American Airlines Russ Brown mengatakan kalau kerja indra pengecap dan pencium bisa berkurang sensitivitasnya di dalam kabin pesawat. Ini berkaitan dengan kondisi kabin pesawat yang rendah tekanan, kering, dan berisik.

"Rasa adalah kombinasi antara dua indra tersebut dan persepsi rasa asin dan manis kita akan berkurang di dalam kabin bertekanan udara," kata Russ seperti dikutip dari BBC, Rabu (16/7/2019).


Studi yang dilakukan peneliti dari Fraunhofer Institute for Building Physics menemukan kalau sensitivitas kuncup lidah untuk makanan manis dan makanan asin bisa berkurang sekitar 30 persen di dalam kabin pesawat.

Alasan berikutnya adalah karena menu makanan di pesawat kemungkinan besar sudah berkali-kali melewati proses pemanasan ulang. Hal ini dilakukan karena maskapai tentunya kesulitan bila harus menyiapkan ratusan makanan untuk penumpang di udara.

"Koki maskapai penerbangan unik karena mereka harus memproduksi resep secara massal untuk ribuan pelanggan," ungkap Russ.

"Seringnya produk akhir tidak seperti apa yang awalnya dibayangkan karena hal-hal di luar kendali. Kami sendiri merancang makanan dengan bahan dan kemasan yang kami ketahui bisa bertahan dalam proses panjang persiapan dan penyajian," pungkasnya.



Penjelasan Ilmiah Kenapa Rasa Makanan Terasa Beda Saat Disantap di Pesawat


Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)