Kamis, 18 Jul 2019 04:44 WIB

Kerja Keras Tim Dokter Angkat Gelambir Kulit Aria 'Bocah Tergemuk'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Operasi bedah lambung menyisakan kulit bergelampir di tubuh Aria Permana (Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth) Operasi bedah lambung menyisakan kulit bergelampir di tubuh Aria Permana (Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth)
Jakarta - Aria Permana (13), bocah asal Karawang yang dulu pernah dijuluki Bocah Tergemuk Sedunia akan dijadwalkan menjalani operasi pengangkatan kulit gelambir pada minggu depan di RS Hasan Sadikin Bandung. Operasi ini dilakukan guna mengangkat kulit berlebih akibat bobot yang turun drastis.

"Iya benar. Akan dikoreksi secara bertahap. Operasinya akan berkali-kali," tutur dokter spesialis bedah rekonstruksi dr Fonny Josh, Sp.BP-RE(K), saat dihubungi oleh detikHealth, Rabu (17/7/2019).

Operasi tersebut termasuk dalam operasi bedah plastik. Seperti pada umumnya operasi dan semua prosedur medis, tentu akan ada risiko maupun efek sampingnya. Bagaimana dengan operasi pengangkatan kulit gelambir?

dr Fonny mengatakan risikonya sama saja dengan risiko operasi pada umumnya, termasuk juga risiko pembiusan. Komplikasi yang bisa terjadi adalah pendarahan, hematoma, infeksi, maupun nekrosis atau kematian jaringan kulit.



"Selain itu ada resiko pembiusan. Namun karena ini adalah operasi elektif sehingga operasi hanya dilakukan bila kondisi tubuh pasien optimal," katanya.

Proses pengangkatan ini memerlukan pemotongan dan pengirisan kulit, maka dari itu bekas luka juga akan muncul namun pada umumnya samar. Operasi ini memerlukan waktu yang cukup panjang dan lama, namun dr Fonny menegaskan soal dampak pada mental atau psikis Aria bisa diminimalisir dengan adanya tim yang menangani.

"Aria ditangani tim. Pasti di dalamnya sudah ada dokter psikiatri juga. Jadi aman," ujar dr Fonny yang berpraktik di Klinik Estetik FJ Immortal Makassar ini.

Aria berhasil menurunkan bobotnya secara drastis dari 192 kg hingga 87 kg usai menjalani operasi bariatrik atau potong lambung pada akhir tahun 2017 lalu. Operasi ini memotong lambungnya hanya menjadi sepertiga dari ukuran aslinya, sehingga turut 'memangkas' asupan makannya hanya menjadi lima sampai tujuh sendok makan saja.



Simak Video "Curhat Aria Permana Obesitas Hingga 192 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)
News Feed