Jumat, 19 Jul 2019 15:15 WIB

Diabetes Tipe 1: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Puti Yasmin - detikHealth
Diabetes Tipe 1: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya/Foto: iStock Diabetes Tipe 1: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya/Foto: iStock
Jakarta - Penyakit diabates tipe 1 bisa dialami oleh siapa saja. Nah, kenali penyebab, gejala, serta cara mengatasinya di sini.

Diabetes merupakan gangguan metabolisme yang membuat pankreas tidak mampu memproduksi atau menggunakan insulin secara efektif. Padahal, insulin dibutuhkan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bila kadar gula darah tidak seimbang akan berbahaya bagi tubuh.

Nah, berikut penyebab, gejala, dan cara mengatasi diabetes tipe 1 yang dirangkum dari berbagai sumber:



1. Penyebab

Penyebab diabetes tipe 1 dikarenakan kerusakan pankreas sehingga produksi insulin berkurang alhasil kadar gula darah di tubuh seseorang meningkat. Berbeda dengan diabetes tipe 2 karena resistensi insulin atau tidak mampunya insulin bekerja dengan baik walaupun berproduksi cukup.

2. Gejala

Terdapat perbedaan gejala pada pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2. Dari perawakannya, pasien diabetes tipe 1 memiliki perawakan yang kurus. Sedangkan, diabetes tipe 2 lebih mudah menyerang orang dengan tubuh yang lebih besar atau overweight.

Selain itu, gejala diabetes tipe 1 lainnya seperti sering buang air kecil, terus merasa haus, lapar, mengalami mual dan muntah, luka sulit sembuh, hingga tubuh mudah lelah.



3. Cara Mengatasinya


Untuk tindakan pencegahan diabetes militus tipe 1, seseorang dengan faktor risiko harus menjaga pola makan serta rajin mengontrol gula darahnya. Namun, bila pasien telah didiagnosis diabetes tipe 1 maka ada beberapa cara untuk mengatasinya, seperti pemberian insulin dari suntikan oleh dokter, hingga menjalani diet sehat.




Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)