Jumat, 19 Jul 2019 18:17 WIB

Sederet Bahaya Minum Kopi Saat Perut Kosong

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi minum kopi. (Foto: thinkstock) Ilustrasi minum kopi. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Minum kopi menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat di Indonesia terlebih lagi saat ini kedai kopi makin menjamur dan bisa didapatkan di sudut-sudut kota dengan harga yang cukup terjangkau.

Pada dasarnya, minum kopi memang memiliki manfaat seperti meningkatkan konsentrasi dan fokus, menurunkan risiko demensia, membantu menurunkan berat badan bahkan meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meneguk secangkir kopi nikmatmu. Para ahli mengatakan sangat terlarang minum kopi saat perut sedang kosong.

"Minum kopi dengan perut kosong, atau pagi-pagi sekali sebelum sarapan, dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh Anda. Di pagi hari, tubuh melepaskan kortisol, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur respons kekebalan tubuh, metabolisme, dan respons stres, kata praktisi kesehatan, DrNikola Djordjevic, MD, dikutip dari Reader's Digest.


Jika memompa tubuh dengan kafein ketika kortisol berada di puncaknya, tubuh akan semakin stres dan tidak bisa melakukan aktivitas harian dengan baik. Selain itu, mood akan lebih sering berubah-ubah yang berdampak pada kesehatan.

"Kopi dengan perut kosong dapat memperbesar efek stimulasi karena belum ada yang bisa menyaingi penyerapannya," tambahnya.

Minum kopi saat perut kosong dapat mengiritasi asam lambung yang membuat perut menjadi mulas. Kelebihan produksi asam lambung dalam perut dapat menyebabkan perubahan suasana hati, kegugupan, gemetar, dan gejala lainnya.

"Terutama ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, penelitian telah menemukan bahwa kafein meniru gejala kecemasan dan bahkan serangan panik. Gejalanya bisa berupa gelisah, gemetaran, muka memerah, dan detak jantung yang semakin cepat," pungkasnya.



Simak Video "Ini Loh 2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)