Sabtu, 20 Jul 2019 15:16 WIB

Daripada Pakai Sabu, Lebih Baik Lakukan Cara Ini untuk Jaga Stamina

Widiya Wiyanti - detikHealth
Komedian Nunung yang ditangkap karena menggunakan sabu, Foto: Dok. Istimewa Komedian Nunung yang ditangkap karena menggunakan sabu, Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Komedian Nunung terjerat kasus narkoba dan menambah daftar artis yang menggunakannya. Ia mengaku telah mengonsumsi narkoba jenis sabu selama lima bulan terakhir.

"Tsk 2 (Iyan) dan 3 (Nunung) mangakui memakai sabu 5 bulan lalu untuk stamina dalam bekerja," ungkap polisi dalam keterangannya seperti yang diberitakan detikcom.

Acap kali sabu digunakan untuk menjaga stamina tubuh. Padahal sabu yang mengandung senyawa kimia methamphetamine dan amphetamin ini bekerja langsung pada sistem saraf pusat sehingga dianggap berbahaya.


Daripada menggunakan sabu, lebih baik menggunakan beberapa hal yang lebih sehat ini untuk menjaga dan meningkatkan stamina, dikutip dari Healthline.

1. Olahraga

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 150 menit dalam sepekan, atau kurang lebih 30 menit sehari selama 5 hari. Olahraga terbukti bisa memperbaiki mood dan membuat tubuh lebih berstamina.

2. Makan seimbang dan sehat

Untuk mendapatkan energi untuk beraktivitas, maka kita harus mencukupi kebutuhan nutrisi. Asupan nutrisi seimbang harus terpenuhi, termasuk gizi makro dan mikro di dalamnya. Bukan hanya itu, memilih makanan juga harus makanan yang sehat. Jauhi makanan cepat saji yang berdampak buruk bagi kesehatan.


3. Jangan stres

Semua orang pasti pernah merasakan stres karena begitu banyak tekanan yang diterima. Namun stres yang tidak terkontrol dan belebihan juga akan menguras energi. Tak hanya melelahkan secara mental, tetapi juga fisik jadi lebih mudah kelelahan.

4. Cukup tidur

Dengan memenuhi kebutuhan tidur 7-9 jam sehari, tubuh punya waktu untuk memulihkan sel-sel yang rusak dan kelelahan. Berbagai fungsi tubuh akan berjalan dengan lebih efisien bila kebutuhan istirahat selalu dipenuhi.

5. Bergaul dengan sehat

Kesehatan jiwa berpengaruh pada stamina fisik. Bergaul dengan orang-orang positif akan memberikan pengaruh yang juga positif, serta bisa saling menularkan gaya hidup yang lebih sehat.



Simak Video "Flakka, Narkoba yang Bikin Penggunanya Jadi 'Zombie'"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)