Sabtu, 20 Jul 2019 20:24 WIB

Letak Anus dan Uretra Wanita Dekat, Ini Cara Cebok yang Benar

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi wanita di toilet yang harus cebok usai buang air besar dan buang air kecil. Foto: iStock Ilustrasi wanita di toilet yang harus cebok usai buang air besar dan buang air kecil. Foto: iStock
Jakarta - Sebuat riset yang dilakukan Tap Warehouse di Inggris membuktikan, sebagian wanita cebok dengan cara yang salah. Kesalahan usai buang air besar dan buang air kecil ini bisa berisiko bagi kesehatan 33 persen wanita dalam survei tersebut di masa mendatang.

Cara cebok yang salah bukannya mencegah, namun justru merangsang penyakit di daerah pribadi wanita. Salah satunya penyakit infeksi saluran kemih atau Urinary Tract Infection (UTI).

"Letak anus dan uretra wanita dekat, sehingga arah cebok yang baik adalah dari depan ke belakang bukan sebaliknya. Namun kebanyakan wanita masih memilih cebok dari belakang ke depan karena kebiasaan meski salah," kata Dr Luke Powles dari healhcare group Bupa di Inggris.


Dikutip dari Mirror, arah cebok dari belakang ke depan mungkin tak masalah bagi pria. Namun pada wanita, arah cebok dari belakang ke depan berisiko menyebarkan bakteri dari anus ke uretra. Saluran uretra menghubungkan kantung kemih dangan pembuangan ke luar tubuh.

Tentunya infeksi tidak langsung dirasakan wanita. Infeksi terjadi salah satunya akibat salah arah cebok yang dilakukan terus menerus. Penyakit UTI ditandai frekuensi pipis yang lebih sering, rasa perih dan sakit saat buang air kecil, urine berdarah, bau, dan terlihat seperti ada bentuk awan, serta sakit di perut bagian bawah.


Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)