Minggu, 21 Jul 2019 19:02 WIB

Ditanya Anak Soal Incest, Threesome, dan Swinger, Bagaimana Menjawabnya?

Ros - detikHealth
Pertanyaan seputar seks kerap bikin anak penasaran dan bikin orang tua kelabakan (Foto: iStock) Pertanyaan seputar seks kerap bikin anak penasaran dan bikin orang tua kelabakan (Foto: iStock)
Jakarta - Jalur informasi yang cepat memungkinkan anak tahu banyak hal, yang kadang belum sesuai umurnya. Dari media sosial mereka bisa dengar soal incest, threesome, dan swinger di usia yang sangat dini.

Istilah tersebut memancing rasa ingin tahu anak, yang akhirnya menanyakannya pada orang tua. Pertanyaan soal perilaku seks menyimpang tersebut tentu tidak untuk diabaikan, dijawab sekadarnya, atau dipenuhi kebohongan.

"Anak tentu harus mendapat penjelasan sesuai umur. Cara menjelaskan soal incest, threesome, dan swinger juga harus bijak. Penjelasan detail mungkin bisa diberikan saat anak masuk SMP. Termasuk risiko dari perilaku seks tersebut," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo, SpOG.



Hasto mencontohkan penjelasan seputar incest untuk anak SMP bisa dimulai dengan incest sebagai in breeding atau perkawinan antar keluarga. Perkawinan ini berisiko menimbulkan cacat pada keturunan yang lahir. Hasto mencontohkan bentuk cacat fisik yang diketahui hampir semua orang, misal bibir sumbing. Orang tua juga bisa mencontohkan cacat kromosom, misal trisomi, pada anak pasangan in breeding.

Penjelasan yang baik dan cukup memungkinkan anak tidak lagi penasaran. Hal ini juga menekan risiko anak mencari sumber lain yang informasinya belum tentu akurat dan bisa dipercaya, misal dari teman atau internet.



Dampak Horor Hasil Peranakan dari Inses:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)