Senin, 22 Jul 2019 11:08 WIB

Menkes Sebut RSUP dr Sardjito Bisa Jadi Pilot Project Pelayanan Lansia

Usman Hadi - detikHealth
Menkes meninjau pelayanan geriatri di RSUP dr Sardjito, Senin (22/7/2019). Foto: Usman Hadi Menkes meninjau pelayanan geriatri di RSUP dr Sardjito, Senin (22/7/2019). Foto: Usman Hadi
Yogyakarta - Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F Moeloek, melakukan kunjungan kerja ke RSUP dr Sardjito di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam kunjungan itu, Nila mengapresiasi pelayanan lanjut usia (lansia) di RSUP dr Sardjito.

Tak hanya itu, Nila juga menyebut pelayanan lansia di RSUP dr Sardjito bisa menjadi proyek percontohan bagi RS lainnya. Terlebih RSUP dr Sardjito sudah menerapkan akademic health system untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

"Saya kira cocok ya (RSUP dr Sardjito jadi pilot project). Karena memang kebetulan kan yang usia harapan hidupnya yang paling tinggi di Kota Yogyakarta, 12 persen orang lansia ada di sini. Jadi saya kira tepat," ujarnya di sela kunjungannya, Senin (22/7/2019).

Menkes meninjau pelayanan geriatri di RSUP dr Sardjito, Senin (22/7/2019).Menkes meninjau pelayanan geriatri di RSUP dr Sardjito, Senin (22/7/2019). Foto: Usman Hadi




"Sardjito ini juga sudah membuat akademic health system. Jadi bekerjasama dengan rumah sakit sampai ke puskesmas. Nanti (pelayanan) itu bukan hanya di sini. Tapi kita mulai dari puskesmas, ada puskesmas lansia, posyandu lansia," lanjutnya.

Nila menjelaskan, kunjungannya ke RSUP dr Sardjito memang dikhususkan untuk melihat langsung pelayanan geriatri atau poliklinik khusus lansia. Ia ingin pelayanan kepada lansia diperhatikan. Apalagi kalangan lansia rentan terserang penyakit.

"(Lansia) penyakitnya kan macam-macam, kadang diabet, ginjalnya mungkin (bermasalah), jantungnya, hipertensi. Ini bagaimana mengatasi (penyakit) yang sudah terjadi, kemudian mencegahnya, meminimalkannya," tuturnya.

Nila pun berharap kalangan lansia bersedia secara rutin mengecek kesehatannya. Seperti mengecek kesehatan di poliklinik khusus lansia yang disediakan RSUP dr Sardjito. "Jadi kita meminimalkan. Tapi kalau sudah terjadi (sakit) kita juga menolong," tutupnya.



Simak Video "Melihat RS Universitas Indonesia, ''Green Hospital'' yang Tahan Gempa"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)