Selasa, 23 Jul 2019 11:20 WIB

Termasuk Bahan Ramuan Rahasia Jokowi, Kunyit Disebut Bisa Cegah Kanker

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kunyit disebut bisa mencegah kanker. Foto: Istock Kunyit disebut bisa mencegah kanker. Foto: Istock
Jakarta - Temulawak, jahe, dan kunyit menjadi bahan ramuan rahasia Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam video yang diunggah di akun resminya, Jokowi mengatakan sudah meminum ramuan jamu itu sejak 18 tahun lalu.

"Saya rasa akan memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh. Ingin mencoba? Ya dibuat sendiri, he-he-he...," katanya.

Salah satu bahan ramuan jamu Jokowi yang sering kita temui adalah kunyit. Tanaman kunyit tergolong keluarga Zingiberaceae yang berasal dari Asia Tenggara, dan diduga kuat berasal dari India dan Indo-Malaysia.

Kunyit mengandung kurkuminoid dan minyak atsiri. Kurkuminoid inilah yang memberikan kesan warna kuning jingga pada tanaman ini. Selain 2 bahan utama tersebut, kunyit juga mengandung beberapa senyawa lain seperti pati, lemak, protein, kamfer, resin, damar, kalsium, dan zat besi.



Senyawa yang terkandung dalam kunyit yaitu kurkuminoid dan minyak atsiri mempunyai peranan sebagai antioksidan, antitumor, dan antikanker. Sebuah penelitian menunjukkan senyawa kurkuminoid dalam kunyit memiliki sifat sitotoksik yang dapat menghambat proliferasi sel-sel kanker dan dapat mengurangi dan menghilangkan bau, rasa gatal, dan mengurangi ukuran luka dari kanker. Oleh karena itu, kunyit memungkinkan untuk digunakan sebagai antiradang yang berguna dalam terapi pengobatan kanker dan tumor.

Dalam penelitian lain yang dipublikasikan di NCBI, 44 pria dengan lesi atau luka di usus besar yang terkadang bisa berubah menjadi kanker kolorektal diberikan empat gram kunyit setiap harinya selama 30 hari. Hasilnya, jumlah lesi itu berkurang sebanyak 40 persen.

Tampaknya kunyit bisa digunakan bersamaan dengan pengobatan kanker lainnya suatu hari nanti.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)