Selasa, 23 Jul 2019 15:25 WIB

Hari Anak Nasional, Kak Seto Ingatkan Bahaya Belajar di Bawah Tekanan

Kintan Nabila - detikHealth
Kak Seto ingatkan bahaya anak belajar di bawah tekanan. Foto: Ari Saputra Kak Seto ingatkan bahaya anak belajar di bawah tekanan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli mengingatkan kembali mengenai hak anak untuk belajar. Namun proses belajar sering kali diterapkan pada anak dengan tekanan dan kekerasan.

Tokoh yang identik dengan anak-anak, Prof Dr Seto Mulyadi, SPsi, MSi atau akrab disapa Kak Seto mengatakan bahwa proses belajar akan efektif jika dilakukan dalam situasi menyenangkan.

"Belajar yang penuh tekanan dampaknya jadi bullying, tawuran, narkoba, merokok, seks bebas, dan sebagainya," katanya saat diwawancarai detikHealth di sela Vegan Festival Indonesia 2019 di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Minggu (21/7/2019).



Ia juga menambahkan bahwa tidak sedikit anak-anak yang frustasi dengan jam sekolah dari pagi sampai sore. Sekolah dan gaya belajar merupakan pilihan anak, hak anak untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal.

"Artinya anak tidak ditekan dengan pendidikan yang penuh, harus rapih, harus duduk manis, kadang kadang enggak cocok untuk semua anak. Jadi biarkan mereka memilih bahwa belajar itu yang penting mengasyikan, itu akan efektif," tutur Kak Seto.



Simak Video "Bocah 8 Tahun Belajar Wirausaha dengan Fidget Spinner"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)