Selasa, 23 Jul 2019 17:50 WIB

Cegah Pelecehan Seksual, Psikolog Sarankan Ajari Anak Cara Menolak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Anak harus diajarkan cara menolak orang asing demi menghindari pelecehan seksual, (Foto ilustrasi: dikhy sasra) Anak harus diajarkan cara menolak orang asing demi menghindari pelecehan seksual, (Foto ilustrasi: dikhy sasra)
Jakarta - Tak ada orang tua yang ingin anaknya menjadi korban pelecehan seksual. Karenanya, memberikan pengarahan yang tepat pada anak bisa menjadi tameng agar pelecehan seksual anak tidak terjadi.

Psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, menuturkan agar orang tua lebih menghormati keputusan anak ketika dia tidak suka melakukan hal-hal tertentu. Juga diajarkan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh orang asing lakukan terhadapnya.

"Jadi emang kita sudah harus ajarin anak sejak dini kalau nggak boleh ada yang megang dan kalau ada yang berani, dia harus bisa bilang enggak," sebutnya kepada detikHealth saat dijumpai di daerah Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2019).


Saat orang tua tidak menghormati keputusan anak, secara psikologis mereka bisa jadi akan selalu menuruti perkataan orang yang lebih dewasa dari dirinya. Akibatnya, anak tidak bisa membedakan mana yang merupakan tindakan afeksi atau gambaran tentang kasih sayang dengan hal-hal yang bersifat pelecehan.

"Impactnya itu adalah kalau anak bilang enggak, kita juga harus respect kan. Nanti kalau anak nggak boleh bilang enggak ke kita, dia akan mikirnya gini sama ibu dan bapak aja harus nurut mulu, gimana caranya dia bisa bilang tidak ke orang lain," pungkasnya.



Simak Video "Dari Kacamata Psikolog Soal Pedangdut dan DJ Sering Dicap Negatif"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)