Rabu, 24 Jul 2019 05:25 WIB

Misterius! Dalam 3 Bulan, Tak Ada Bayi Perempuan Lahir di 132 Desa di India

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tidak adanya bayi perempuan yang lahir di 132 desa di India memancing kecurigaan adanya aborsi selektif (Foto: thinkstock) Tidak adanya bayi perempuan yang lahir di 132 desa di India memancing kecurigaan adanya aborsi selektif (Foto: thinkstock)
Jakarta - Wilayah India bagian utara digemparkan oleh data terbaru yang menyebut tidak ada bayi perempuan lahir di 132 desa dalam 3 bulan terakhir. Dikhawatirkan telah terjadi aborsi untuk pilih-pilih jenis kelamin anak.

Data yang diungkap pekan lalu itu menyebut ada 947 anak lahir di 500 desa di distrik Uttarkashi, wilayah Uttarakhand. Dari sekitar 200 kelahiran di 132 desa, tidak satupun adalah bayi perempuan.

Dikutip dari Aljazeera, pemerintah setempat menandai 132 desa tersebut sebagai 'zona merah'. Investigasi tengah dilakukan untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi.

"Mencurigakan dan menyoroti pembunuhan janin perempuan (foeticide)," sebut Ashish Chauhan, hakim di Uttarkashi, dikutip dari The Independent, Selasa (24/7/2019).



Aborsi dengan tujuan pilih-pilih jenis kelamin anak adalah tindakan ilegal di India. Orang tua yang terbukti melakukannya akan menghadapi tuntutan hukum.

Tahun lalu, pemerintah India melaporkan temuan sekitar 63 juta perempuan secara statistik 'hilang' dari populasi di negaranya. Diperkirakan karena kecenderungan memilih punya anak laki-laki.

Dalam kultur patriarki di negara tersebut, anak laki-laki dianggap lebih membawa rezeki. Sebaliknya, punya anak perempuan dianggap 'boros' karena harus membayar mahar ketika menikah, meski praktik ini sudah dilarang sejak 1961.



Ratusan Perempuan Argentina Menuntut Aborsi Dilegalkan:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed