Rabu, 24 Jul 2019 07:15 WIB

Cara Nirina Zubir Disiplinkan Anak Sikat Gigi Sejak Dini

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Nirina Zubir. Foto: Palevi S/detikFoto Nirina Zubir. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta - Kebiasaan menyikat gigi sejak kanak-kanak sangat penting bagi kebersihan gigi dan mulut di masa depan. Nirina Zubir tahu betul cara agar anak terbiasa menyikat gigi tanpa memberi ancaman.

"Bukan dengan ancaman, tapi dengan diingatkan bahwa 'Nak, kalau misalnya kamu enggak sikat gigi, I know you are sleepy' atau 'You are not in the mood to brush your teeth', tapi kalau kamu enggak bersihin itu ada 'germ'-nya loh yang ada di mulut," kata Nirina saat ditemui detikHealth, Senin (22/7/2019).



Aktris dua anak ini mengungkapkan adanya iklan tentang bahaya jika tidak rutin menyikat gigi di televisi bisa membantu untuk mengingatkan anak-anak.

Orang tua harus berperan aktif ingatkan anak supaya di masa depan tak ada masalah pada gigi, seperti misalnya gigi berlubang dan banyaknya kuman.

"'Kalau enggak gitu, nanti giginya bolong, loh. Nanti di dalam bakterianya banyak, loh. Sakit gigi itu enggak enak, loh, Nak.' Paling dipelan-pelanin lagi," ujar Nirina.

Berawal dari kesukaannya merawat gigi, Nirina menerapkan kebiasaan sikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur pada anak sejak kecil. Baginya kebersihan gigi bisa mencerminkan pribadi seseorang.



Bor Gigi Bernyanyi, Pikat Anak Agar Rajin Sikat Gigi:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)