Rabu, 24 Jul 2019 07:48 WIB

Jefri Nichol Terjerat Kasus Ganja, Ini Efek Pemakaian Ganja Terhadap Tubuh

Kintan Nabila - detikHealth
Jefri Nichol terjerat kasus ganja. Foto: Hanif Hawari/detikFoto Jefri Nichol terjerat kasus ganja. Foto: Hanif Hawari/detikFoto
Jakarta - Jefri Nichol, aktor pemeran utama di film Dear Nathan ditangkap atas kepemilikan ganja seberat 6,01 gram. Ganja atau yang juga disebut Marijuana merupakan tanaman yang kerap disalahgunakan. Pemakaiannya diisap seperti rokok.

Ganja dirajang, dikeringkan lalu dibakar dan diisap seperti tembakau. Senyawa tetrahidrokanabinol (THC) dalam daunnya memiliki efek psikoaktif atau dapat mempengaruhi saraf otak dan kondisi kejiwaan.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah efek pemakaian ganja terhadap organ tubuh:



1. Sistem pernapasan

Sama seperti asap tembakau, asap ganja terdiri dari berbagai bahan kimia beracun seperti amonia dan hidrogen sianida yang dapat mengiritasi saluran bronkial dan paru-paru. Perokok ganja berisiko tinggi mengalami bronkitis dan infeksi paru-paru, serta dapat memperburuk penyakit pernapasan yang ada, seperti asma dan cystic fibrosis.

2. Sistem peredaran darah

Dalam beberapa menit, detak jantung dapat meningkat 20 hingga 50 kali per menit dan dapat berlanjut hingga tiga jam. Jika memiliki riwayat penyakit jantung hal ini dapat menimbulkan risiko serangan jantung. Salah satu ciri pada pengguna ganja adalah mata merah. Mata terlihat merah karena ganja menyebabkan pembuluh darah di mata membesar.

3. Sistem saraf pusat

Efek ganja meluas ke seluruh sistem saraf pusat (SSP). Terutama berpegaruh pada otak kecil dan ganglia basal, area otak yang berperan dalam gerakan dan keseimbangan. Hal ini dapat mengubah keseimbangan, koordinasi, dan respons refleks penggunanya.

4. Sistem pencernaan

Merokok ganja dapat menyebabkan sengatan atau rasa terbakar di mulut dan tenggorokan. Selain itu ganja dapat menyebabkan masalah pencernaan dan merusak liver saat dikonsumsi secara oral. Pemakainya akan merasakan mual dan muntah.

5. Sistem kekebalan tubuh

Ganja dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih rentan terhadap penyakit.




Simak Video "Buka Lowongan! Penguji Ganja Profesional Dibayar Rp 500 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)