Rabu, 24 Jul 2019 16:53 WIB

Sederet Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Kesehatan Gigi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Makan makanan manis berlebihan bisa picu gigi berlubang. Foto: iStock
Jakarta - Kesehatan gigi dan mulut kerap kali diabaikan oleh banyak orang. Padahal kesehatan gigi dan mulut sangat berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Seringkali kita tak menyadari apa yang kita konsumsi ternyata memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan gigi. Seperti makanan manis dan minuman bersoda yang kandungannya bisa mengeroposkan gigi.


"Yang pastinya sih makanan yang manis, yang lengket, bahkan karbohirat bisa karena itu bisa diubah menjadi gula juga. Kemudian kalau minuman biasanya memang yang berkarbonasi. Itu banyak sekali kadar gulanya. Pokoknya semua yang manis-manis," kata pakar kesehatan gigi dan mulut, drg Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc, saat dijumpai detikHealth, Selasa (23/7/2019).

drg Mirah menambahkan makanan manis tak hanya digemari oleh kita yang memakannya tetapi juga bakteri dan plak di mulut. Jadi ketika makan makanan yang manis, plak akan berubah menjadi asam. nah asam itulah yang bisa menjadikan gigi berlubang.

"Ketika gigi berlubang tidak diobati, tidak ditambal, makanan atau sisa makanan bisa masuk ke situ lagi. Bau mulut terjadi, nggak pede lagi, napasnya menjadi tidak segar dan warna dari giginya juga akan bisa berubah, tidak bisa senyum percaya diri lagi," pungkasnya.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)