Jumat, 26 Jul 2019 09:55 WIB

Sebut Telur Lebih Bahaya daripada Rokok, Pegiat Vegan Menyulut Kontroversi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pegiat vegan sebut telur lebih bahaya dari rokok dan menuai kontroversi. Foto: iStock Pegiat vegan sebut telur lebih bahaya dari rokok dan menuai kontroversi. Foto: iStock
Jakarta - Bukan sebuah rahasia lagi bahwa rokok adalah salah satu hal yang buruk dan dapat merusak kesehatan tubuh. Bahkan beberapa negara sangat vokal dalam memberantas rokok.

Namun menurut seorang vegan mengungkapkan opininya di Twitter dengan akun @plantloverbarb, bahwa telur yang merupakan produk turunan dari hewan lebih berbahaya daripada sebatang rokok.

"Satu telur = lima batang rokok !? Kuning telur penuh dengan kolesterol. Telur berukuran sedang mengandung 186 mg kolesterol, yang merupakan 62 persen dari asupan yang direkomendasikan.
Makan telur lebih buruk untuk kesehatan Anda daripada merokok!" tulisnya.

Tweet tersebut pun ramai ditanggapi oleh netizen. Banyak netizen yang menyanggah ungkapan dari tweet tersebut.



Victoria Taylor, ahli diet senior di British Heart Foundation pun menunjukkan kebenaran soal telur. Ia mengatakan bahwa banyak orang yang salah paham soal telur dan kandungan kolesterolnya.

"Penelitian saat ini menunjukkan bahwa bagi kebanyakan orang sehat, kolesterol dalam makanan seperti telur memiliki efek yang jauh lebih kecil pada kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, terutama jika dibandingkan dengan efek asam lemak jenuh yang jauh lebih besar dan lebih berbahaya yang sering ditemukan dalam makanan seperti mentega dan daging berlemak," ungkapnya dikutip dari Mirror.

Victoria menegaskan bahwa telur mengandung lemak yang cukup rendah. Dan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur secara rutin setiap hari tidak meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang yang sehat.

Jadi, berhentilah merokok, bukan berhenti makan telur.

(wdw/up)