Sabtu, 27 Jul 2019 18:15 WIB

Sakit Pinggang karena Banyak Duduk di Kantor? Ini Tips Mengatasinya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Jangan lupa peregangan kalau biasa duduk berlama-lama di kantor. (Foto: Thinkstock) Jangan lupa peregangan kalau biasa duduk berlama-lama di kantor. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Duduk berjam-jam bisa jadi adalah kebiasaan bagi mereka yang pekerja kantoran. Jika sudah begitu, tubuh pun akan lelah dan pegal. Untuk menyasatinya, healthy lifestyle influencer yang juga fisioterapis, Matias Ibo, punya kiat olahraga saat di kantor.

Agar terhindar dari sakit pinggang atau efek negatif lainnya setelah duduk terlalu lama, ada baiknya untuk melakukan peregangan. Gerakan simpel namun rutin bisa memberikan hasil yang baik, apalagi jika sering duduk tidak tegak.

Langkah pertama, jaga keseimbangan kanan kiri. Pegang kursi sebagai bantuan saat berdiri satu kaki. Pastikan kaki yang bertumpu tidak ke arah dalam agar tidak serong. Kemudian taruh topi atau buku di atas kepala dan peganglah.


"Itu memaksimalkan biar enggak bungkuk ke depan. Kaki ayunkan ke depan dan belakang untuk meringankan pinggang," kata Matias pada Jumat (26/07).

Lakukan gerakan kaki tersebut berulang-ulang setiap jam. Meski ringan, gerakan yang dilakukan bisa meminimalisir cedera.

"Kalau banyak duduk, setiap sejam gerak sudah cukup yang penting ada gerakan. Kalau sudah kaku, cedera gampang datang," tutur Matias.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)