Selasa, 30 Jul 2019 20:10 WIB

Paling Cocok Ditanam di Taman Kota, Tumbuh-tumbuhan Ini Ampuh Serap Polusi

- detikHealth
Taman kota bisa membantu kurangi polusi udara Jakarta. (Foto ilustrasi: Agung Pambudhy) Taman kota bisa membantu kurangi polusi udara Jakarta. (Foto ilustrasi: Agung Pambudhy)
Jakarta - Selain membagikan tanaman lidah mertua secara gratis, pemerintah juga perlu mempertimbangkan untuk menambah jumlah taman kota untuk mengurangi polusi udara Jakarta. Namun, tidak semua tanaman bisa ditanam di sana, lho!

Peneliti Ekofisiologi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Dr Nuril Hidayat mengatakan, akan lebih efektif jika tanaman dipilih berdasarkan kemampuannya menyerap polutan paling banyak.


"Jenis tanaman yg dipilih adalah tanaman yang mempunyai kemampuan menyerap CO2 tinggi, berumur panjang, kayunya kuat, cepat tumbuh dan bisa diperbanyak," katanya saat diwawancarai detikHealth, Selasa (30/7/2019).

Tanaman yang termasuk dalam kategori ini dalah pohon jati dan trembesi, selain itu untuk jenis bunga-bungaan bisa tanaman cempaka.

Ia juga menyarankan untuk kota seperti Jakarta yang pemukimannya padat, minimal lahan hijau ada di setiap kecamatan. Selain itu, luas lahan yang akan dijadikan taman juga harus proporsional dengan luas lahan pemukiman.

"Untuk hutan atau taman kota idealnya itu kan proposional perbandingannya dengan pemukiman penduduk. Minimal 20 persen dari luas wilayah kota itu ruang terbuka," pungkasnya.



Simak Video "Cara Natasha Rizky Lindungi Keluarga dari Polusi"
[Gambas:Video 20detik]
(Kintan Nabila/up)