Rabu, 31 Jul 2019 18:51 WIB

Pernah Kelelahan Sampai Dirawat, Risma Kini Jaga Waktu Istirahatnya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat keluar dari rumah sakit beberapa waktu lalu. (Foto: Deny Prastyo Utomo) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat keluar dari rumah sakit beberapa waktu lalu. (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikenal sebagai sosok pekerja keras yang ulet, tidak segan untuk turun langsung ke lapangan. Namun demikian dedikasi terhadap pekerjaannya itu sempat membuat Risma harus dirawat di ICU karena kelelahan.

Diberitakan pada akhir Juni lalu Risma dilarikan ke RSU dr Soetomo dengan kondisi maag dan asma akut. Tim dokter terpaksa memberikan alat bantu pernapasan atau respirator dan makan melalui sonde atau selang yang dimasukkan ke hidung hingga lambung.


"Asam lambung naik karena kecapekan atau kecapekan terus meningkatkan asam lambung, pokoknya menyebabkan maag. Buat aku sesak. Sebetulnya setelah itu enggak apa-apa, cuma enggak tau tiba-tiba masuk ICU," kata Risma yang kini kondisi kesehatannya lebih baik saat berkunjung ke kantor detikcom, Rabu (31/7/2019).

Kejadian tersebut diakui oleh Risma tidak membuatnya berubah drastis. Hanya saja memang ia kini lebih berhati-hati dengan perbanyak waktu istirahat dan menjaga makanan.

"Dulu (istirahat tidur) 2-3 jam sehari sekarang bisa 5 jam. Kebawa pas masih sakit," ungkap Risma.

"Sekarang cepet ngantuk. Dulu lewat jam 9 malem sampai pagi kuat aja, sekarang jam 10 atau jam 11 malem udah ngantuk," lanjutnya.

Soal makanan Risma berhati-hati dengan menjaga porsi agar tidak terlalu besar atau terlalu cepat makan. Tujuannya agar penyakit maagnya tidak kembali kambuh.

"Makan teratur. Harus dikunyah dulu agak panjang. Lama makannya, semua udah selesai makan aku belum," pungkas Risma.



Simak Video "Ragam Jasa 'Permak' Mr P Selain Mak Erot"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)