Kamis, 01 Agu 2019 19:40 WIB

Pesan Noriyu Soal Menteri Kesehatan Pilihan Presiden Mendatang

Widiya Wiyanti - detikHealth
Nova Riyanti Yusuf. Foto: Dewi Irmasari/detikcom Nova Riyanti Yusuf. Foto: Dewi Irmasari/detikcom
Jakarta - Masalah kesehatan di Indonesia tampaknya cukup pelik serta banyak permasalahan yang harus segera diselesaikan. Karena itu, Nova Riyanti Yusuf selaku anggota DPR RI menyarankan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) untuk menentukan menteri kesehatan yang sesuai dengan kriteria visi dan misinya.

"Kayaknya masalah kesehatan ini pelik di Indonesia, harus ada fresh idea, ide yang segar, ide yang sesuai dengan keinginan Pak Jokowi," ujarnya saat ditemui di acara Diskusi Publik L2PK di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2019).



Menurutnya, Menkes periode sebelumnya yaitu Nila F. Moeloek sudah berkontribusi maksimal terhadap perkembangan kesehatan di Indonesia. Namun, Noriyu sapaan akrabnya, mengatakan bahwa untuk lima tahun ke depan dibutuhkan menkes yang lebih paham dan peduli soal kesehatan mental.

"Pak Jokowi nih arahnya ke lembaga menejemen talenta, SDM ke depan, 2045 generas emas, dan lain sebagainya yang semua butuh perhatian ke mental health, pola asuh, vocational," imbuh wanita yang juga seorang psikiater itu.

Noriyu menambahkan, presiden sendiri lah yang harus menentukan kriteria yang tepat untuk memilih menkes yang sesuai dengan visi dan misinya. Misalnya memiliki pengalaman tertentu atau track record yang diinginkan.



Simak Video "Respons BPJS Kesehatan yang Disomasi Gara-gara 'Pakai' Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)