Jumat, 02 Agu 2019 19:15 WIB

Kualitas Udara Jakarta yang Buruk Bisa Ancam Kecerdasan Anak

Michelle Natasya - detikHealth
Anak-anak disebut kelompok rentan terhadap ancaman polusi udara. (Foto ilustrasi: Pradita Utama) Anak-anak disebut kelompok rentan terhadap ancaman polusi udara. (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta - Kualitas udara di DKI yang semakin buruk membuat anak di bawah usia 5 tahun menjadi kelompok yang paling rentan terhadap bahaya polusi.

Pantauan detikHealth di situs AirVisual pada Jumat (2/8/2019) pukul 18.00, Jakarta masih menduduki posisi 4 besar sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.


Menurut dr Gatut Priyonugroho, SpP dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (UI) dalam jangka panjang jika terus terpapar polusi berbahaya anak-anak berisiko kena kanker paru-paru sampai mengalami masalah kecerdasan yang terhambat.

"Bahaya (polusi) pada anak keganasan ke kanker pasti bisa, kemudian yang cukup berbahaya ini anak kan masih ada tumbuh kembang. Polutan dapat mempengaruhi pertumbuhannya seperti kecerdasan misalnya," kata dr Gatut.

Gatut menyarankan untuk memakaikan masker pada anak selama melakukan aktivitas di luar ruangan. Pemilihan jenis masker dapat disesuaikan dengan kenyamanan buah hati. Masker juga sebaiknya tidak digunakan berulang kali.



Simak Video "Cara Natasha Rizky Lindungi Keluarga dari Polusi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)