Sabtu, 03 Agu 2019 10:00 WIB

Tips Meminimalkan Risiko Cedera Saat Terjadi Gempa

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Gempa berkekuatan M 6,9 mengguncang kawasan Banten hingga terasa ke Jakarta. (Foto: Agung Pambudhy) Gempa berkekuatan M 6,9 mengguncang kawasan Banten hingga terasa ke Jakarta. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Dikutip dari situs resmi BMKG, penyebab celaka yang paling banyak saat gempa adalah akibat kejatuhan benda berat. Oleh karena itu, atur benda berat agar sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Jangan lupa cek kestabilan benda yang tergantung dan memiliki risiko jatuh pada saat gempa bumi terjadi misalnya lukisan atau lampu.

Usahakan perabotan seperti lemari, cabinet diatur menempel pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa. Jika berada di area perkantoran, selalu perhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, sehingga apabila terjadi gempa bumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung.

Selain itu, berikut tips meminimalkan risiko cedera saat gempa terjadi dikutip detikHealth dari berbagai sumber.


1. Jangan panik. Menjauh dari kaca, pohon, atau benda yang membahayakan keselamatan Anda.

2. Jika berada di dalam ruangan, merunduk dan lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja.

3. Tetap di tempat tidur jika Anda berada di sana saat gempa terjadi. Pegang dan lindungi kepala Anda dengan bantal, kecuali jika Anda berada di bawah lampu ringan yang bisa jatuh. Dalam hal itu, pindah ke tempat aman terdekat.

3. Jangan sekali-kali bergerak sebelum gempa selesai. Sebagian besar cedera terjadi ketika orang di dalam bangunan berusaha untuk pindah ke lokasi lain di dalam gedung atau mencoba untuk pergi.

4. Jangan berdiri di ambang pintu. Di ambang pintu, Anda juga berisiko terkena objek jatuh atau terbang, sumber paling umum dari cedera gempa bumi.

5. Jika berada di luar ruangan, perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

6. Jika Anda mengemudi - menepi, berhenti dan atur rem parkir Anda. Hindari jalan layang, jembatan, saluran listrik, pohon, rambu, gedung, kendaraan, dan benda-benda lain yang mungkin menimpa mobil Anda.

7. Menjauh dari area yang rusak. Kembali ke rumah hanya ketika pihak berwenang keadaan telah aman.



Simak Video "Melihat RS Universitas Indonesia, ''Green Hospital'' yang Tahan Gempa"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)