Sabtu, 03 Agu 2019 14:40 WIB

Selain Pakai Masker, Lakukan Hal Ini Demi Terlindung dari Polusi

Umu Sofuroh - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Belakangan ini warga Jakarta dikejutkan dengan kondisi udara Ibu Kota. Parahnya, Jakarta dinobatkan menjadi kota di urutan ketiga yang punya udara terburuk di dunia per Jumat (2/8/2019). Banyak warga yang mulai menggunakan masker dengan filter.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma dr Helmin Agustina Silalahi mengungkapkan bahwa udara yang warga Ibu Kota hirup saat ini menjadi polusi yang berbahaya.

"Efek kesehatan dari polusi udara sangat serius. Sepertiga kematian akibat stroke, kanker paru-paru, disebabkan oleh polusi udara. Ini memiliki efek yang jauh lebih tinggi daripada efek makan terlalu banyak garam," ujar dr Helmin kepada detikHealth, Sabtu (3/8/2019).

Untuk menjaga kesehatan tubuh dari polusi udara, dr Helmin menganjurkan warga Ibu Kota agar melakukan beberapa hal. Adapun yang harus dilakukan adalah hindari berada di jalanan yang ramai saat polusi tinggi, jika olahraga di luar ruangan lakukan di tempat yang tidak banyak polusi, hindari membakar sampah, gunakan produk-produk yang bisa didaur ulang, dan gunakan alat pelindung seperti masker agar udara kotor tidak terhirup secara langsung.


Namun, perlindungan dan pencegahan dari luar tentunya tidak cukup. Diperlukan perlindungan dari dalam tubuh untuk meningkatkan sistem imun terhadap penyakit-penyakit yang datang akibat polusi udara.

"Intervensi nutrisi yang sehat diharapkan dapat mengurangi risiko penyakit yang terkait dengan polusi lingkungan. Asupan yang diperlukan tubuh agar tetap terjaga kesehatannya, yaitu dengan makan (makanan) diet tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta rendah lemak jenuh. Konsumsi multivitamin untuk memenuhi kebutuhan harian yang tidak dapat dipenuhi dari nutrisi sehari-hari," ungkapnya.

Salah satu vitamin yang baik untuk tubuh yaitu vitamin C. Dr Helmin menjelaskan intervensi nutrisi seperti antioksidan (termasuk vitamin C) telah terbukti bermanfaat dalam penelitian pada hewan. Namun tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C dan tidak dapat menyimpan vitamin C. Sehingga harus didapatkan dari asupan makanan atau suplemen setiap hari.

Salah satu tablet hisap vitamin C yang berfungsi untuk membantu memenuhi kekurangan vitamin C dalam tubuh yang bisa dipilih yaitu XonCe. Dengan mengonsumsi XonCe, kebutuhan tubuh akan vitamin C dapat terpenuhi, sehingga tubuh akan lebih kebal terhadap penyakit yang datang dari polusi udara.



Simak Video "Kapan Waktu yang Tepat untuk Gunakan Masker atau Respirator?"
[Gambas:Video 20detik]
(idr/up)