Rabu, 07 Agu 2019 11:42 WIB

Minum Obat Seperti Makan Nasi, Mendiang Mbah Moen Bukan 'Kecanduan' Obat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Almarhum KH Maimun Zubair (Mbah Moen) disebut punya riwayat diabetes (Foto: Didik Dwi H/20detik) Almarhum KH Maimun Zubair (Mbah Moen) disebut punya riwayat diabetes (Foto: Didik Dwi H/20detik)
Jakarta - Majid Kamil MZ atau Gus Kamil, putra mendiang KH Maimun Zubair, mengisahkan sang ayah punya riwayat sakit sejak kecil. Disebutkan, kebiasaan minum obat bagi Mbah Moen sudah seperti makan nasi.

"Obat itu diminum bukan untuk menyembuhkan, tapi lebih seperti orang memakan nasi," kata Gus Kamil, Rabu (7/8/2019).

Namun demikian, dipastikan Mbah Moen tidak mengalami kecanduan. Obat yang dikonsumsi almarhum adalah obat diabetes untuk mengontrol gula darah, yang kadang-kadang memang harus diminum teratur dalam jangka panjang.

"Benar, yang dimaksud adalah obat itu untuk mengontrol gula darah. Saya kebetulan pernah memeriksa kondisi diabetes Mbah Moen beberapa waktu yang lalu," kata Dr dr Dante Saksono, SpPD-KEMD, ahli diabetes dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), kepada detikHealth, Rabu (7/8/2019).



Diabetes merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan kadar gula yang tinggi di atas normal. Dengan resep dan petunjuk dokter, pengidapnya bisa menggunakan obat-obatan untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap pada rentang normal. Jadi bila dikonsumsi terus menerus, itu bukan karena kecanduan.

"Iya benar, bukan kecanduan obat," tegas dr Dante.

Riwayat sakit gula juga sempat disinggung oleh Gus Kamil. "Kalau Mbah Moen sakit, itu sudah sejak kecil. Mulai gula dan lain sebagainya," katanya.



Simak Video "Mbah Moen Tutup Usia di Mekah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/fds)
News Feed