Jumat, 09 Agu 2019 06:04 WIB

Semalam Tidur Tak Nyenyak? Salahkan Nikotin dan Alkohol

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Ketiduran di angkutan umum adalah salah satu pertanda tidur malam kurang berkualitas (Foto: iStock) Ketiduran di angkutan umum adalah salah satu pertanda tidur malam kurang berkualitas (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah penelitian membuktikan bahwa alkohol dan nikotin bisa menurunkan kualitas tidur seseorang. Efeknya bahkan lebih buruk dibanding dengan konsumsi kopi.

Orang yang menggunakan nikotin dan alkohol empat jam sebelum tidur memberi dampak yang besar terhadap siklus tidur mereka. Nikotin dapat menurunkan kualitas tidur sebesar 40 menit, dilansir dari Healthline.com. Zat nikotin biasa dikonsumsi dengan rokok atau vape.

"Faktanya, konsumsi alkohol secara berlebihan bisa merusak gen yang berkaitan dengan siklus tidur dan bangun tidur sehat," ujar Rose MacDowell, chief research officer di Sleepopolis kepada Healthline.com.



Efek nikotin yang sudah merambat ke paru-paru dan pembuluh darah bisa meningkatkan gangguan pernapasan saat tidur. Sementara itu alkohol saat dicerna bisa membuat orang tertidur, namun kerap mempercepat waktu

"Karena efeknya sudah ke paru-paru dan pembuluh darah, nikotin bisa meningkatkan gangguan pernapasan yang memengaruhi tidur," lanjut MacDowell.



Simak Video "Ini Loh 2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed