Jumat, 09 Agu 2019 17:47 WIB

Seputar Fakta Sindrom Williams yang Diidap Anak Komedian Dede Sunandar

Puti Yasmin - detikHealth
Seputar Fakta Sindrom Williams yang Diidap Anak Komedian Dede Sunandar/Foto: Instagram @dede_sunandar Seputar Fakta Sindrom Williams yang Diidap Anak Komedian Dede Sunandar/Foto: Instagram @dede_sunandar
Jakarta - Komedian Dede Sunandar mengaku bahwa anak keduanya mengidap penyakit langka, yakni sindrom williams. Nah, apa sih sindrom williams? Yuk simak faktanya.

Menurut Dede, anaknya memerlukan empat tahapan operasi. Pertama di usia 1-3 tahun, 7 tahun, 13 tahun, sampai 23 tahun.



Berikut fakta-fakta sindrom williams yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1.Pengertian

Sindrom williams adalah kelainan genetik yang bisa terjadi pada siapa saja. Biasanya, sindrom williams terjadi pada orang yang tidak memiliki riwayat gangguan dalam keluarga mereka.


2.Penyebab

Sindrom williams disebabkan oleh kelainan genetik, di mana sekitar 26 gen, seperti CLIP2, ELN, GTF21, GTF2IRD1, dan LIMK1 hilang dari kromosom 7. Biasanya gen tersebut hilang di dalam sperma atau sel telur sebelum membentuk janin.

3.Gejala

Gejala dari sindrom williams berbeda-beda pada setiap hilangnya gen. Misalnya, bila kehilangan gen ELN akan mengalami gangguan di bagian kardiovaskular atau jantung dan pembuluh darah.

Sedangkan, pada fitur tubuh khususnya pada bagian wajah, hidung, dan mulut akan lebih unik.

4.Pengobatan

Hingga saat ini belum ditemukan pengobatan untuk penyembuhan yang tepat sehingga pengidap perlu bertemu dengan dokter seumur hidupnya. Namun, perawatan yang tepat bisa membuat pengidap tetap sehat.



5.Keterampilan

Walaupun mengalami gangguan, sindrom williams mampu membuat pengidapnya memiliki keterampilan dalam berempati, mendengarkan, hingga membuat musik. Biasanya, mereka sering memiliki ingatan yang baik pada lagu dan ritme.

Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)