Tips Makan Daging Agar Tak Sakit Jantung dan Kolesterol

ADVERTISEMENT

Tips Makan Daging Agar Tak Sakit Jantung dan Kolesterol

Rosmha Widiyani - detikHealth
Minggu, 11 Agu 2019 06:10 WIB
Jantung dan kolesterol harus diwaspadai (Foto: iStock)
Jakarta - Olahan daging kambing dan sapi menjadi hidangan khas selama perayaan Idul Adha. Namun layaknya asupan lain, olahan kambing dan sapi berisiko bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Selain jumlah konsumsi, pilihan bumbu dan hidangan pendamping juga ikut berdampak pada kesehatan tubuh. Konsumsi sembarangan bisa meningkatkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan membahayakan kesehatan jantung.

"Yang penting adalah makan secukupnya, jika sudah mengkonsumsi daging saat makan siang maka makan pagi dan malam bisa pilih menu lain. Selain itu perhatikan pilihan bumbu untuk memasak daging, jangan terlalu banyak garam supaya tidak meningkatkan tekanan darah," kata dokter ahli penyakit dalam konsultan kardiovaskular dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV, FINASIM, FACP.



Tips lain adalah melengkapi asupan nutrisi lain dengan makan cukup sayur, buah, dan sumber protein lain. Untuk sumber protein, dr Eka menyarankan konsumsi ikan yang dimasak dengan gula, garam, dan lemak secukupnya.
Ikan saat ini tercatat sebagai salah satu jenis asupan terbaik.

Kelengkapan dan keseimbangan nutrisi memungkinkan kondisi kesehatan terus terjaga setiap hari. Hasilnya seseorang tidak mudah sakit atau terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.



Simak Video "Saran Ahli Gizi Jika Kalap Makan Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT