Minggu, 11 Agu 2019 07:10 WIB

Dapat Jatah Daging Kurban? Ini Tips Membersihkan dan Menyimpan di Kulkas

Michelle Natasya - detikHealth
Saat menerima daging kurban, pastikan disimpan dengan benar. (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta - Hari Raya Idul Adha identik dengan pembagian daging kurban. Lalu, hal apa saja yang harus diperhatikan oleh penerima daging kurban?

Supratikno, MSi, PAVet, Kepala Tim Peneliti Penyembelihan Halal Science Center (HSC) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan beberapa tips untuk menangani daging kurban yang diterima.

"Penerima kan tidak bisa memilih, hanya menerima. Jadi ada beberapa hal yang harus dilakukan," kata Supratikno saat dihubungi detikHealth beberapa hari lalu.


1. Periksa apakah kondisi daging masih layak untuk dikonsumsi. Pastikan daging tidak busuk, warna, bau dan konsistensinya tidak menyimpang.

2. Periksa kebersihan daging. Jika daging diterima dalam keadaan bersih, tidak perlu dicuci dan bisa langsung disimpan atau dimasak. Jika kotor, harus dicuci terlebih dahulu agar bersih dari kotoran. Daging sebaiknya hanya dicuci ketika sesaat akan dimasak.

3. Jika ingin menyimpan daging, pastikan dalam kondisi bersih. Masukkan ke dalam wadah dengan ukuran potongan untuk satu kali masak. Kemudian, taruh dalam lemari es selama kurang lebih 6 jam. Setelah itu, baru masukkan ke dalam freezer.

Daging yang bersih akan tahan selama 2 hari di dalam lemari es jika dimasukkan dalam wadah tertutup. Sedangkan, di dalam freezer akan tahan selama 3 bulan dan di dalam freezer (-20 derajat celcius) akan tahan selama 1 tahun.



Simak Video "Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)