Senin, 12 Agu 2019 06:54 WIB

Bukan karena Durhaka, Mr P Pria Ini 'Membatu' karena Gangguan Pengapuran

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Penumpukan kalsium menyebabkan Mr P pria ini mengeras seperti batu (Foto: iStock) Penumpukan kalsium menyebabkan Mr P pria ini mengeras seperti batu (Foto: iStock)
Jakarta - Legenda mengisahkan, anak durhaka bisa dikutuk oleh ibunya menjadi batu. Seorang pria di New York City mengalami hal itu pada organ vitalnya, meski bukan karena sebab yang sama.

Pria 63 tahun yang tidak disebutkan namanya ini awalnya terjatuh dengan posisi duduk saat jalan-jalan. Dokter yang khawatir ada keretakan tulang panggul, segera melakukan pemindaian sinar X.

Tak ada keretakan yang ditemukan. Tanpa diduga, para dokter malah menemukan fenomena aneh. Bagian penis pria ini terpindai seperti jaringan tulang, berebeda dengan jaringan lain di sekitarnya.

"Terbukti ada pengapuran seperti plak yang luas sepanjang penis," tulis para dokter dalam laporan ilmiahnya di Urology Case Reports, dikutip dari NYpost.



Setelah ditelusuri, terungkap bahwa pria ini pernah punya keluhan nyeri panggul. Namun karena tidak ada pembengkakan maupun keluhan lain yang menyertai, pria ini tidak pernah lagi periksa ke dokter.

"Diduga diagnosisnya penile ossification," tulis para dokter, yang masih butuh penelusuran lebih lanjut.

Disebutkan, kondisi pengapuran Mr P seperti dialami pria ini 'sangat langka'. Diperkirakan kurang dari 40 kasus yang pernah dilaporkan di seluruh dunia.

Pada sebagian besar kasus, pengapuran seperti ini dikaitkan dengan Peyronie's Disease, yakni pengerasan jaringan Mr P akibat radang atau bentuk yang melengkung secara ekstrem. Kondisi tersebut berdampak pada nyeri hebat saat ereksi.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)