Senin, 12 Agu 2019 12:31 WIB

Viral Video #NantiKetuker Sapi, Ada yang Menakut-nakuti Anak?

Michelle Natasya - detikHealth
Seorang anak menangisi ayahnya yang hendak memotong hewan kurban, khawatir tertukar dengan sapi (Foto: Rifkianto Nugroho) Seorang anak menangisi ayahnya yang hendak memotong hewan kurban, khawatir tertukar dengan sapi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Video dengan tagar #NantiKetuker sempat trending di Twitter saat Idul Adha kemarin. Dalam video seorang anak perempuan menangis karena takut ayahnya tertukar dengan sapi. Ratih Zulhaqqi, S.Psi, M.Psi, psikolog anak di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok ikut mengomentari video ini.

"Kalau dari video itu sebenarnya bisa dibilang sebagai ungkapan sayang si anak, bisa juga dilihat sebagai bentuk ketakutan," kata Ratih saat dihubungi detikHealth, Senin (12/8/2019).

Menurut Ratih memang membawa anak melihat proses kurban seperti dua mata pisau. Di satu sisi ingin mengenalkan dan mengajarkan soal agama ke anak, namun bisa juga memunculkan pengalaman traumatik.

"Sebenarnya ini dua mata pisau. Di satu sisi kita mau mengenalkan dan ajarin soal agama ke anak. Tapi traumatik itu balik lagi ke anaknya, dia punya potensi traumatik apa tidak," kata Ratih.



Untuk menghindari pengalaman traumatik pada anak, ada baiknya orangtua mengajak anak diskusi terlebih dahulu dan menanyakan kesediaan serta kenyamanan anak untuk melihat proses kurban.

"Memang baiknya ajak anak melihat pemotongan kurban itu kalau anak sudah bisa diajak diskusi. Kita perlu tanya ke anak dia merasa nyaman apa tidak, mau lihat apa engga. Anak berhak untuk menentukan mau lihat apa tidak. Baiknya juga dijelasin dulu konsep berkurban bagaimana, jangan langsung dibawa aja lihat kurban. Ekstrem juga ini," tutup Ratih.




Ketika Anak Takut Ayahnya 'Tertukar' Sapi Viral di Medsos:

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
News Feed