Senin, 12 Agu 2019 13:18 WIB

Meninggal Saat Sembelih Kurban, Kenapa Kelelahan Bisa Picu Sakit Jantung?

Firdaus Anwar - detikHealth
Asep tersungkur saat hendak menyembelih sapi kurban. (Foto: tangkapan layar video viral) Asep tersungkur saat hendak menyembelih sapi kurban. (Foto: tangkapan layar video viral)
Jakarta - Di media sosial beredar video menunjukkan seorang pria meninggal saat hendak menyembelih sapi kurban. Identitas pria tersebut diketahui adalah Asep Hadad dari Kampung Sukarintih, RT 4 RW 5, Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Menurut keterangan Kapolsek Cimahi Selatan Kompol Sutarman Asep diduga kuat meninggal karena sakit jantung. Hal itu dipicu kondisi lelah karena Asep begadang menjaga hewan kurban semalam suntuk bertepatan dengan Idul Adha 2019.

"Masyarakat dan panitia kurban yang lain, termasuk anaknya, segera membantu menyelamatkan dengan pertolongan pertama seadanya. Namun nyawa Asep tidak terselamatkan," kata Sutarman saat dihubungi detikcom, Senin (12/8/2019).


Momen tersungkurnya Asep saat hendak sembelih sapi kurban itu viral di media sosial. Video tersebut direkam oleh anak Asep.

"Selama ini, kalau merasa sakit, korban tidak pernah mau kontrol ke dokter," kata Sutarman.

Bagaimana kelelahan bisa jadi pemicu sakit jantung? Ahli hematologi Prof Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM pernah menjelaskan bahwa kelelahan adalah salah satu faktor dari beberapa yang bisa melatarbelakangi penyakit jantung.

"Bekerja berlebihan bisa menyebabkan jantung tidak kuat atau menjadi pemicu stroke. Apalagi jika ada riwayat darah tinggi, diabetes, merokok dan bekerja berhari-hari, bisa saja meninggal mendadak," kata Prof Zubairi.




Tonton juga 'Jagal di Cimahi Meninggal Saat Hendak Sembelih Hewan Kurban':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)