Selasa, 13 Agu 2019 05:11 WIB

Gigolo Habisi Klien karena Sakit Hati, Benarkah Pria 'Baperan' di Ranjang?

Michelle Natasya - detikHealth
Konon pria gampang baper kalau dibilang tidak memuaskan (Foto: ts) Konon pria gampang 'baper' kalau dibilang tidak memuaskan (Foto: ts)
Jakarta - Geger seorang pria 'gigolo' ditangkap karena membunuh seorang wanita di Bali. Alasannya karena pelaku sakit hati korban sebut dirinya tak memuaskan secara seksual. Lantas, apakah benar anggapan bahwa laki-laki lebih mudah 'baper' jika dibilang tidak memuaskan secara seksual?

Bona Sardo, M.Psi., psikolog klinis dari Universitas Indonesia (UI) mengatakan, secara umum baik laki-laki maupun perempuan sama-sama bisa 'baper' alias terbawa perasaan jika dibilang tidak dapat memuaskan secara seksual.

"Siapapun, baik laki-laki maupun perempuan sebetulnya ya bisa baper kalau dibilang tidak memuaskan secara seksual," kata Bona saat dihubungi detikHealth, Senin (12/8/2019).

Seseorang dapat merasa tersinggung karena performa seksual mencakup banyak aspek dalam diri. Seperti keberhargaan diri, body image, dan berbagai aspek lainnya.

"Seorang yang dibilang tidak memuaskan secara seksual besar kemungkinan akan jadi bertanya-tanya apa yang salah dengan dirinya. Termasuk apa ada yang salah dengan tubuhnya. Mungkin juga pertanyaan akan melebar kemana-mana," jelas Bona.



Keterbukaan dalam hubungan memang sangat dibutuhkan. Lalu, kalau seseorang bisa 'baper' jika dibilang tidak memuaskan, bagaimana untuk menyampaikan dan terbuka tanpa harus menyinggung perasaan pasangan?

Bona mengatakan kalau memang seseorang sungkan mengutarakan secara langsung tentang performa pasangan, ia bisa memulai pancingan topik pembicaraan dengan memberi feedback terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

"Bisa juga diawali dengan diri sendiri. Jadi seseorang memulai terlebih dahulu memberi feedback terhadap diri sendiri ke pasangan. Ini bisa jadi pancingan juga untuk pasangan beri feedback ke diri dia sendiri," pungkas Bona.

Bona mengatakan saat menyampaikan hal tersebut, baiknya disertai juga dengan saran terbaik dan cukup praktis kira-kira apa yang bisa dilakukan oleh pasangan. Tapi saran ini berlaku hanya untuk pasangan resmi lho ya!



Simak Video "Perilaku Seksual Paling Aneh: Terangsang Mesin dan Siput "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)