Rabu, 14 Agu 2019 05:02 WIB

Waspadai Nyeri di Ulu Hati, Bisa Jadi Gejala Sakit Jantung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sering disangka angin duduk, nyeri ulu hati bisa jadi gejala sakit jantung (Foto: Thinkstock) Sering disangka angin duduk, nyeri ulu hati bisa jadi gejala sakit jantung (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Penyakit jantung seringkali tidak terdeteksi keberadaannya, hingga tiba-tiba terjadi serangan jantung. Banyak gejala yang sebenarnya bisa menjadi tanda bahwa seseorang memiliki riwayat penyakit jantung, salah satunya sakit di ulu hati.

Pakar jantung dari RS Universitas Indonesia (RSUI), dr Dian Zamroni, SpJP, FIHA, menjelaskan bahwa masyarakat sering kecolongan gejala penyakit jantung yang sakitnya di ulu hati. Sering disalahartikan sebagai 'angin duduk' dan akhirnya tidak di tangani dengan semestinya.

"Biasanya dianggap 'masuk angin' yang akhirnya hanya dikerokin dan minum air jahe, setelah itu disuruh istirahat. Ketika dibangunkan, ternyata sudah tak bernyawa," jelasnya saat ditemui detikHealth di RSUI Depok, Selasa (13/8/2019).



Rasa nyeri yang dirasakan seperti masuk angin dan sakit lambung ini sebenarnya berasal dari bagian bawah jantung yang tersumbat. Gejala yang mirip masuk angin dan sakit lambung seperti mual, muntah, keluar keringat dingin, hingga rasa sakit di bagian ulu hati harus segera diperiksa sebelum terlambat.

"Sebaiknya, gejala yang seringkali membuat kecolongan inilah yang harus diwaspadai. Jangan takut untuk melakukan check up dan konsultasi ke dokter yang sesuai dengan bidangnya agar bisa melakukan pengobatan hingga pencegahan," imbuhnya.

Selain itu, dr Dian juga menambahkan, rasa sakit di lengan kanan, kiri, sakit yang menembus punggung hingga leher seperti tercekik bisa menjadi gejala lain dari penyakit jantung. Ia menyarankan agar segera memeriksakan diri jika gejala tersebut timbul demi keselamatan diri dan lingkungan.



Simak Video "Kisah Pria yang Hampir Tewas 9 Kali karena Idap Kondisi Langka"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)