Rabu, 14 Agu 2019 22:31 WIB

RSJ Grogol 'Tempo Doeloe', Perawat Masih Berkebaya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Zaman dahulu, perawat masih pakai kebaya (Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth) Zaman dahulu, perawat masih pakai kebaya (Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth)
Jakarta - Tahun 1970 silam, perawat RSJ Dr Soeharto Heerdjan (RSJSH) mengenakan seragam kebaya. Dibalut kain, para perawat yang terlihat anggun, siap melayani pasien.

Sebuah foto di instalasi sejarah Rumah Sakit Jiwa Dr Soeharto Heerdjan Jakarta menampilkan potret perawat pada masa 1970-an. Sederet perawat kompak mengenakan kebaya putih dan kain serta rambut yang diikat rapi.

Di masa kini perawat-perawat di rumah sakit memakai seragam yang berwarna sama dan bentuknya didesain agar perawat bisa mudah bergerak. Sebab, pekerjaannya adalah hilir mudik memantau kondisi kesehatan.



RSJ Grogol tempo doeloe.RSJ Grogol tempo doeloe. Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth


Seragam perawat kerap kali dibuat dalam warna putih. Dikutip dari Excelsior.edu, seragam putih untuk perawat sudah ada sejak 1900-an yang memberi kesan steril dan bersih.

Bukan hanya bagi perawat, seragam putih juga kerap dikenakan oleh pekerja medis lain. Jika awalnya seragam perawat perempuan hanya rok, sekarang sudah ada dalam versi celana. Bahkan warnanya juga beragam.



Simak Video "Anjing Penghibur yang Bikin Pasien Kembali Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)