Jumat, 16 Agu 2019 11:51 WIB

Kapan Waktu yang Tepat untuk Anak Belajar Merawat Gigi?

Adelia Putri - detikHealth
Ilustrasi gigi anak. (Foto: iStock) Ilustrasi gigi anak. (Foto: iStock)
Jakarta - Menjaga kebersihan mulut dan gigi merupakan suatu hal yang harus dilakukan sejak dini. Kerusakan gigi pada anak jangan dianggap sepele, karena itu bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi.

Semakin awal para orang tua mengajarkan sikat gigi pada anak, semakin mudah anak-anak melakukannya. Tetapi anak tidak mengerti mengapa mereka harus menjaga kebersihan giginya. Jadi kapan waktu yang tepat untuk anak belajar merawat giginya?

"Kalau merawat gigi harus dimulai sejak gigi anak itu tumbuh, normalnya itu umur 6 bulan gigi pertama numbuh. Kebersihan gigi tuh udah dimulai, jadi nggak harus tumbuh gigi semua," kata Dr drg Yuniardini Septorini Wimardhani, MScDent, di kawasan Depok, saat ditemui detikHealth, Kamis (15/8/2019).


Kalau gigi anak tidak terawat dengan baik, ini bisa menimbulkan penyakit. Salah satunya karies gigi, penyakit infeksi yang menyebabkan gigi berlubang.

"Jadi artinya merawat gigi itu bukan hanya dengan menyikat gigi 2 kali sehari, tapi mengatur pola makan dan jenis-jenis makanan yang dimakannya," ujarnya

Sebagai orang tua juga harus mengontrol makanan yang biasanya anak konsumsi, sehingga bisa menjaga kesehatan gigi pada anak.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)