Sabtu, 17 Agu 2019 18:00 WIB

Tips Membersihkan Tubuh yang Belepotan Oli Sehabis Panjat Pinang

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Lomba Panjat Pinang di Ancol. (Foto: Rifkianto Nugroho) Lomba Panjat Pinang di Ancol. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Dalam memperingati HUT RI Ke-74, masyarakat Indonesia beramai-ramai melaksanakan berbagai perlombaan. Mulai dari makan kerupuk hingga panjat pinang yang membuat badan licin dan susah untuk menghilangkannya.

dr Anthony Handoko, SpKK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin mengatakan, seringkali rasa gatal juga akan timbul setelah cairan oli ataupun minyak bersih dari tubuh. Untuk itu ada tahapan penting yang harus dilakukan agar tubuh bebas total dari oli.

"Tahap pertama, yaitu membersihkan cairan oli ataupun minyak yang menempel pada tubuh dengan sabun, walaupun itu akan sangat sulit. Itu sudah cukup untuk menghilangkannya," jelasnya kepada detikHealth pada Rabu (14/8/2019).


Ditemui di daerah Gondangdia, Jakarta Pusat, dr. Anthony menjelaskan setelah tubuhnya bersih, mungkin akan timbul rasa gatal pada tubuh yang disebabkan oleh oli yang menempel apalagi jika seseorang memiliki kulit yang sangat sensitif. Sayangnya. ia tidak bisa asal memberi saran obat apa yang harus digunakan.

"Pastinya kalau kulit seseorang sensitif, itu akan menimbulkan rasa gatal. Tetapi, saya tidak menganjurkan untuk menggunakan salep atau semacamnya. Karena kita harus tau penyebabnya baru bisa diberikan obat yang cocok," ujarnya.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)