Minggu, 18 Agu 2019 15:51 WIB

Cuma Putaw yang Tak Dicoba Rio Reifan, Narkoba Jenis Apakah Itu?

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Rio Reifan di Polda Metro Jaya (Foto: Samsuduha Wildansyah) Rio Reifan di Polda Metro Jaya (Foto: Samsuduha Wildansyah)
Jakarta - Artis Rio Reifan mengaku telah mengenal obat-obatan terlarang sejak 2009 silam. Dirinya sempat mencoba beragam jenis narkoba, seperti ganja, ekstasi, sampai kemudian bertahan dengan sabu. Namun ia tak pernah mencoba putaw atau heroin karena efeknya yang berbahaya.

Dikutip dari DrugFact, heroin merupakan obat penghilang rasa sakit atau opioid yang terbuat dari morfin, bahan alami dari biji polong tanaman opium. Narkoba jenis ini bisa berbentuk serbuk putih atau cokelat, atau zat hitam lengket (black tar heroin).



Heroin digunakan dengan cara menyuntikkan ke tubuh, menghirup, atau dengan merokok. Zat ini masuk ke otak dengan cepat dan terikat pada reseptor opioid di sel di sejumlah area, seperti di tempat merasakan sakit dan rasa senang dan mengontrol detak jantung, pernapasan, dan tidur.

Efek penggunanya adalah rasa senang yang menggelora, namun terdapat beragam efek negatif. Mulut kering, mual dan muntah, dan rasa sadar-tidak sadar berulang kali merupakan beberapa efeknya.

Sedangkan pemakaian jangka panjang akan berdampak insomnia, kerusakan jaringan pada hidung orang yang menghirupnya, konstipasi, depresi, disfungsi seksual, hingga kematian. Penggunaan jarum suntik untuk memasukkan heroin ke dalam tubuh juga berisiko menularkan HIV (Human Imunodeficiency Virus).



Simak Video "Flakka, Narkoba yang Bikin Penggunanya Jadi 'Zombie'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)