Rabu, 21 Agu 2019 08:03 WIB

Angioedema, Si Penyakit yang Bikin Bibir Chrissy Teigen 'Mau Meledak'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Chrissy Teigen. Foto: Getty Images Chrissy Teigen. Foto: Getty Images
Jakarta - Aktris Chrissy Teigen memang dikenal oleh para penggemarnya sebagai wanita yang kerap membagikan keresahan soal masalah kesehatannya di media sosial. Kini, ia membagikan keresahan soal bibirnya yang 'nyaris meledak' akibat suatu penyakit.

Diunggah di akun Twitter-nya, Chrissy juga menyertakan foto bibir bagian bawahnya yang membengkak besar. Ia menjelaskan bahwa ia terkena penyakit yang disebabkan oleh mabuk atau takut ketinggian, seperti dikutip dari Women's Health.

"Sangat kesal dan sedih karena negara bagian tempatku lahir, Utah, telah memilih untuk meracuniku dengan penyakit mabuk ketinggian yang parah. Apa kalian tahu angioedema dapat dipicu oleh mabuk ketinggian? Tiap hari aku belajar sesuatu yang baru baru! Bibirku hampir meledak. Da-dah dunia," tulisnya, di akun @ChrissyTeigen.



Saat ditanyai oleh salah satu pengikutnya bagaimana rasanya terkena penyakit tersebut, Chrissy menjawab rasanya
"(bengkak) sangat besar, berkilau dan keras seperti kaca".

The American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology menyebutkan angioedema sebagai bengkak yang berada di lapisan kulit paling dalam, kerap dibarengi dengan urticaria (gatal-gatal). Angioedema sering terjadi di jaringan lunak seperti kelompak mata atau mulut.

Seringnya penyakit ini disebabkan oleh reaksi alergi dari obat-obatan dan makanan. Masih belum jelas apakah mabok ketinggian seperti kasus Chrissy bisa menyebabkan angioedema atau tidak, namun University of Michigan mencatat bahwa bengkak di wajah, tangan, dan kaki dapat menjadi gejala mabuk ketinggian.

Menurut Mayo Clinic, untuk mengobatinya bisa dengan mengonsumsi obat antihistamin. Namun bisa juga meminum obat antiinflamasi atau mengompres dengan es.



Simak Video "Kenali Cara Operasi Bibir Sumbing"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)