Rabu, 21 Agu 2019 08:39 WIB

'Si Cantik' Lionfish Lebih Bikin Penasaran Dibanding Riset Obat Kanker

Michelle Natasya - detikHealth
Lionfish. Foto: iStock Lionfish. Foto: iStock
Jakarta - Hasil penelitian uji in vitro yang dilakukan oleh 3 mahasiswa UI terhadap racun Lionfish menunjukkan bahwa racun ini memiliki efek inhibisi sebesar 37 persen terhadap sel kanker serviks. Efek inhibisi ini menunjukkan pengujian berhasil membunuh sel kanker yang ada.

"Lionfish memiliki kandungan peptida yang memiliki sifat antiproliferatif dan dapat menjadi zat antikanker," jelas Mustika, salah satu mahasiswa peneliti.

Melalui penelitian ini, Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer, tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) jurusan Teknik Bioproses Fakultas Teknik berharap penelitiannya dapat menjadi solusi untuk pengobatan alternatif kanker serviks berbahan alam serta dapat mengatasi permasalahan invasi Lionfish yang mengganggu keseimbangan ekosistem.

Mustika mengaku selama penelitian tantangan terbesar adalah kehati-hatian peneliti karena yang mereka uji adalah racun. Tidak hanya itu, penelitian yang memakan waktu 4 bulan ini juga meninggalkan kisah menarik bagi peneliti.



"Banyak teman-teman yang tertarik untuk melihat ikan Lionfish ini karena penasaran, sehingga terkadang di lab tempat uji sering dikunjungi teman-teman lain hanya untuk melihat ikan ini," cerita Mustika pada detikHealth, Selasa (20/8/2019).

Ketiga mahasiswa ini berharap riset awal ini bisa menjadi tonggak lahirnya riset-riset lain. Menurut Mustika, tidak ada makhluk yang diciptakan tanpa manfaat sedikitpun.

"Dengan ilmu pengetahuan yang ada harapannya penelitian ini dapat terus dilanjutkan dan dijadikan obat alternatif, sehingga dapat disebarkan kepada masyarakat," harap Mustika.

Saat ini ketiga mahasiswa sedang sibuk berlatih dan menyiapkan segala kebutuhan untuk mengikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang akan diselenggarakan akhir Agustus 2019 di Bali.



Simak Video "Yuk, Cegah Kanker Serviks Mulai dari Sekarang!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)