Kamis, 22 Agu 2019 16:57 WIB

Kelinci atau Burung? Warganet Geger Lihat Ilusi Optik Viral Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Warganet geger menentukan apakah ini burung atau kelinci. Foto: Tangkapan layar Twitter Warganet geger menentukan apakah ini burung atau kelinci. Foto: Tangkapan layar Twitter
Jakarta - Media sosial Twitter baru-baru ini dibuat geger oleh sebuah video yang menampilkan sebuah binatang. Pasalnya, video viral dengan caption "Rabbits love getting stroked on their nose" atau "Kelinci suka banget diusap hidungnya" ini bikin warganet kebingungan.

Hewan tersebut memunculkan ilusi optik, yang diklaim oleh pengunggahnya adalah seekor kelinci. Namun bila diperhatikan sekali lagi, binatang yang sedang diusap-usap tersebut tampak seperti burung gagak.

Sekilas tampaknya orang tersebut memang sedang mengusap hidung kelinci, namun 'telinga' kelinci juga terlihat mirip 'paruh' burung gagak sehingga yang diusap juga tampak seperti kepala burung.


"Aku melihat seekor burung. Yang lain gimana?" cuit salah satu akun, @S**B5*

"Apakah kalian tahu. Kelincinya terlihat seperti gagak. Telinganya itu paruhnya," sundul akun @djb**lydko**

Warganet juga berusaha untuk memecahkan ilusi optik tersebut, sampai-sampai membuat gambar seperti berikut ini:

Sampai-sampai ada yang bikin teorinya. Wuidih!Sampai-sampai ada yang bikin teorinya. Wuidih! Foto: Tangkapan layar Twitter

Menurut situs VeryWellMind, ilusi optik diciptakan dari pengaturan gambar, efek warna, dampak sumber cahaya atau variabel lainnya, yang menyebabkan serangkaian efek visual yang bisa mengecohkan. Efek visual ini bergantung dari cara kerja otak yang melihat, sehingga tiap orang bisa berbeda-beda.

Bagaimana denganmu, detikers? Yang kamu lihat burung atau kelinci nih? Share yuk di kolom komentar.



Simak Video "Kocak! Viral Facial 'Peletak Peletok' yang Bikin Pasien Histeris"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)