Jumat, 23 Agu 2019 19:31 WIB

Perlu Tahu! Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Protein

Michelle Natasya - detikHealth
Protein bisa kita peroleh dari sumber hewani dan nabati. (Foto: iStock) Protein bisa kita peroleh dari sumber hewani dan nabati. (Foto: iStock)
Jakarta - Protein merupakan komponen penting untuk membangun setiap sel dalam tubuh. Protein merupakan bahan pembentuk tulang, otot, sistem imun, dan darah. Tanpa asupan protein yang cukup, tubuh tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Protein menyediakan asam amino esensial yang menjaga tubuh kita tetap berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, asupan protein harus diperhatikan.

Dikutip dari health.com, Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan setiap orang, baik pria maupun wanita untuk konsumsi sekitar 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Waktu mengonsumsi protein juga harus diperhatikan.

"Tubuh paling baik mendapat protein setiap empat atau lima jam," kata Bonci, seorang ahli nutrisi dan pemilik Active Eating Advice.

Berikut beberapa tanda tubuh kekurangan protein menurut health.com :

1. Tulang rapuh

Tulang membutuhkan lebih dari sekadar kalsium, mereka juga membutuhkan protein yang cukup. Konsumsi makanan yang kaya protein dapat membantu melindungi tulang sehingga tidak mudah patah dan cedera.

2. Kuku rapuh dan rambut rontok

Protein adalah bagian penting dari rambut dan kuku. Jika tubuh kekurangan protein, kuku mungkin terlihat rapuh dan rambut menjadi rontok, kusam, dan bercabang dari waktu ke waktu.

3. Hilangnya otot-otot

Biasanya, jika orang tidak mendapatkan cukup protein, tubuh mereka akan memecah otot untuk mendapatkan lebih banyak protein.

4. Tubuh terasa lemah seiring waktu

Seiring waktu orang-orang yang kurang protein akan merasa lebih lelah dari biasanya. Protein merupakan komponen dari hemoglobin yang ada dalam sel darah merah. Hemoglobin berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kadar oksigen yang terlalu rendah bisa menyebabkan tubuh terasa lemah atau bahkan sesak napas.

5. Mudah terkenal flu

Protein adalah salah satu komponen pembentuk antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan bakteri dan virus.

"Jika tubuh anda tidak memiliki protein yang cukup, sistem kekebalan tubuh akan terganggu dan mungkin lebih sering terkena sakit daripada orang lain," jelas Bonci.

Terdapat beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga asupan protein pada tubuh tercukupi seperti kacang kedelai, telur, susu, dada ayam, keju, udang, kacang almond, gandum, dan Quinoa.

Simak Video "Mau Punya Otot Perut Seperti Diva? Ini Caranya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)