Senin, 26 Agu 2019 06:30 WIB

Menyantap Makanan Dingin dari Kulkas Picu Sakit Jantung, Benarkah?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Benarkah menyantap makanan dingin bisa mengganggu kesehatan jantung? (Foto: iStock) Benarkah menyantap makanan dingin bisa mengganggu kesehatan jantung? (Foto: iStock)
Jakarta - Anjuran tidak minum air dingin atau mengkonsumsi makanan yang baru keluar dari kulkas kerap ditemukan di media sosial. Kebiasaan makan dan minum serba dingin ini dikatakan berisiko buruk bagi tubuh, salah satunya mengganggu kesehatan jantung.

Ini adalah contoh informasi yang disebar salah satu pengguna media sosial Facebook:

TAHUKAH ANDA BAHWA Jantung kita ini paling pantangan nya apa ? Anda mungkin blm tahu. Setelah membaca tulisan ini mungkin akan kaget!

Jantung paling pantangannya adalah :

- Semua makanan dan minuman yg bersifat dingin.

- Jangan minum air ES

- Jangan makan makanan dingin yg keluar dari kulkas. Lebih baik makan makanan yang hangat/panas. (Ini kalau kita ingin sehat!).



Terkait anjuran tersebut, dokter ahli penyakit dalam konsultan kardiovaskuler dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV, FINASIM, FACP mengatakan hal tersebut tidak benar. Mengonsumsi makanan dan minuman dingin tidak berpengaruh pada kesehatan jantung.

"Nggak benar informasi itu. Paling jauh pengaruhnya sampai kerongkongan, karena setelah masuk sistem suhunya menyesuaikan dengan tubuh. Yang mempengaruhi kesehatan jantung bukan suhunya, tapi kandungan dalam makanan atau minuman," kata dr Eka.

Menurut dr Eka makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak boleh mengandung terlalu banyak gula, garam, atau lemak. Selain itu pastikan makan buah dan sayur setiap hari untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)