Senin, 26 Agu 2019 17:40 WIB

Obat Batuk Kering Alami yang Cocok untuk Anak dan Dewasa

Lusiana Mustinda - detikHealth
Obat batuk kering. Foto: iStock Obat batuk kering. Foto: iStock
Jakarta - Batuk kering bisa membuat seseorang merasa tak nyaman. Kondisi ini bisa disebabkan karena udara kering, iritasi, merokok, dan flu. Lalu apa saja obat batu kering yang bisa diminum?

Batu kering merupakan jenis batuk yang tidak mengeluarkan dahak atau lendir. Umumnya, batuk kering akan hilang dalam waktu tiga minggu. Namun kondisi ini makin parah terjadi saat malam hari dan menjadi sangat tidak nyaman, terutama kalau hal ini terjadi pada anak-anak.

Obat batuk kering untuk anak dan obat batuk kering untuk dewasa bisa dibuat secara tradisional. Obat batuk kering alami ini juga tak memberikan efek samping. Apa saja ya?

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat batuk kering yang dilansir oleh detikHealth dari berbagai sumber:

1. Air Garam

Air garam jadi salah satu obat batuk kering alami. Caranya bisa berkumur dengan air garam. Walaupun terlihat sederhana, akan tetapi cara ini mampu membantu menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan.

Kamu bisa mencampurkan 1/2 sdt garam dengan 1 cangkir air hangat. Campuran air garam ini bisa diberikan untuk anak-anak di atas enam tahun.


2. Madu

Madu disebut-sebut mengandung zat anti bakteri yang bisa membantu redakan batuk kering. Obat batuk kering yang berasal dari lebah ini juga bisa membantu atasi sakit tenggorokan.

Madu yang dicampur dengan teh atau air hangat plus lemon bisa membantu redakan batuk kering. Tentunya, ini bisa jadi obat batuk kering dewasa yang ampuh.

3. Campuran Biji Rami, Madu, dan Lemon

Kalau sudah merasa tenggorokan tak enak atau batuk kering, jangan langsung mengonsumsi obat. Kamu bisa mencoba cara tradisional yang alami.

Rebus biji rami dalam air dan mencampurkannya dengan madu dan lemon yang bertindak sebagai antibiotik ringan.

Agar lebih lengkap. Kamu bisa merebus 2 sdm biji rami atau flaxseed dengan 1 cangkir air hingga kental. Saring dan tambahkan 3 sdm madu dan 3 sdm jus lemon. Ambil 1 sdm campuran obat alami ini untuk redakan batuk. Obat batuk kering untuk anak ini juga aman.

4. Air Putih

Ketika sedang flu atau batuk, kamu perlu minum air putih yang cukup. Asupan cairan yang cukup berfungsi untuk mengurangi penumpukan lendir, menjadikan tenggorokan tetap lembap, dan membantu redakan iritasi.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki aroma tajam dan rasa yang getir. Tapi bawang putih mentah memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah sebagai obat batuk kering untuk anak atau pun obat batuk kering untuk ibu hamil.

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dikenal bisa mematikan mikroorganisme yang menyebabkan infeksi pernapasan seperti batuk kering dan tenggorokan gatal.

6. Teh Jahe

Jahe bisa memberikan efek hangat tak hanya pada tubuh tapi juga tenggorokan. Minum teh yang dicampur dengan perasan air jahe bisa melawan infeksi akibat rasa gatal di tenggorokan. Manfaat jahe adalah bersifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

7. Kencur

Kalau kamu batuk, kunyahlah kencur yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kunyah kencur 2 buah hingga halus dan telan. Ini bisa kamu lakukan satu sampai dua kali sehari ketika sedang batuk.

Rasanya memang kurang enak, tapi obat batuk kering alami ini dinilai sangat ampuh.

8. Buah Nanas

Nanas bisa dijadikan sebagai obat alami yang bisa meredakan batuk kering. Zat bromelain yang ada di dalam buah nanas mampu melancarkan saluran pernapasan dan mengurangi batuk kering.

9. Makanan Berkuah Hangat

Agar tenggorokan gatal saat batuk kering tak semakin parah. Orang dewasa atau anak-anak perlu mengonsumsi makanan berkuah hangat. Sup ayam atau sup daging yang dibuat dengan campuran kaldu dan sayuran bisa membuat sistem imunitas tubuh meningkat.

Makanan berkuah hangat bisa jadi obat batuk kering paling ampuh dan bikin tubuh makin sehat.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)