Senin, 26 Agu 2019 18:25 WIB

Sempat Hilang Ingatan, Apa Sih yang Terjadi pada Otak Dovizioso?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Andrea Dovizioso sempat hilang ingatan usai jatuh di sirkuit Silverstone. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Andrea Dovizioso sempat hilang ingatan usai jatuh di sirkuit Silverstone. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Pada sesi balapan MotoGP Inggris di Silverstone, pebalap Ducati, Andrea Dovizioso mengalami kecelakaan yang cukup parah. Dovizioso bahkan sampai terbang sebelum berguling di luar lintasan. Ia pun mengalami hilang ingatan sesaat.

"Ya. Dia pulih setelah sekitar 45 menit. Dia sedikit memar. Jelas, dalam situasi ini, juga melihat helmnya yang melakukan tugasnya dan benar-benar rusak, tidak ada keraguan membawanya ke rumah sakit untuk tes lebih lanjut adalah pilihan terbaik," Manager Tim Ducati Davide Tardozzi seperti yang diberitakan detikcom.

Ketika seseorang mengalami hilang ingatan sesaat atau hilang ingatan jangka pendek, ia dapat mengingat kejadian 20 tahu lalu namun tidak mengingat secara rinci apa yang terjadi 20 menit sebelumnya.


Hilang ingatan sesaat memengaruhi informasi yang tersimpan di memori jangka pendek. Memori ini tersimpan di lobus frontal dan kemudian akan berhenti di hippocampus. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Prosiding National Academy of Sciences menemukan bahwa sejumlah kecil neuron dalam hippocampus menyimpan ingatan dari peristiwa baru-baru.

Dikutip dari Live Science, hilang ingatan sesaat biasanya disebabkan karena aneurisma otak, yaitu adanya pembesaran pembuluh darah pada otak. Anuerisma otak tidak selalu pecah, namun dapat menyebabkan perdarahan di kompartemen yang mengelilingi otak.

Selain benturan keras pada kepala karena kecelakaan, penyebab lain hilang ingatan sesaat seperti tumor otak, stroke, penyalahgunaan obat terlarang, dan alkohol.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)