Selasa, 27 Agu 2019 12:42 WIB

Pesan Dokter Agar Kelak Warga Ibu Kota Baru Tidak Gampang Gemuk

Michelle Natasya - detikHealth
Kaltim akan menjadi ibu kota baru setelah Jakarta (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Dua pertiga dari total pengidap diabetes melitus tinggal di daerah perkotaan. Pola makan yang tidak sehat, gaya hidup yang tidak aktif, pola kerja, dan obesitas dipercaya menjadi faktor pravelensi diabetes di daerah urban lebih tinggi.

Terkait pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur, dr Em Yunir, SpPD, Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), menyarankan ibu kota baru didesign untuk meningkatkan aktivitas fisik guna membiasakan pola hidup sehat. Hal ini untuk mencegah tingginya angka pravelensi diabetes di ibu kota baru.

"Design kota harus yang mengakomodasi meningkatkan aktivitas fisik. Bagaimana mengakomodasi kesempatan orang untuk bergerak. Misalkan buat jalan untuk fasilitas pejalan kaki atau untuk bersepeda," kata dr Yunir, ditemui di Balaikota Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Jalur layang khusus sepeda di Kopenhagen, boleh juga nih dibikin di ibu kota yang baru nanti.Jalur layang khusus sepeda di Kopenhagen, boleh juga nih dibikin di ibu kota yang baru nanti. Foto: Uyung/detikHealth




Saat ini, Jakarta merupakan kota dengan pravelensi diabetes melitus tertinggi di Indonesia. Hasil RISKESDAS 2018, memperlihatkan pravelensi diabetes di Jakarta meningkat 0,9 persen dalam kurun waktu 5 tahun. Angkanya menjadi 3,4 persen di tahun 2018 dari sebelumnya 2,5 persen di tahun 2013. Ini berarti ada sekitar 250 ribu orang dengan usia di atas 15 tahun yang terkena diabetes.

Diabetes merupakan salah satu dari empat penyakit tidak menular prioritas yang merupakan target tindak lanjut pemimpin dunia. Diabetes dapat mengarah kepada komplikasi seperti kerusakan serius pada hati, jantung, ginjal, dan organ tubuh lainnya.

Kegemukan dan pola hidup yang tidak sehat merupakan faktor risiko utama diabetes. Aktivitas fisik dan gizi seimbang bisa menurunkan kerentanan terhadap penyakit tersebut.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)