Selasa, 27 Agu 2019 21:20 WIB

Paru-paru Niko Dibor Karena Pneumothorax Spontan, Kondisi Apa Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Pria ini terkena pneumothorax (Foto: Facebook/Nikoannd)
Jakarta - Niko Rizy Ananda (24) yang kini tinggal di Lampung viral di media sosial setelah mengunggah foto dan video dirinya tengah dirawat di rumah sakit. Ia mengimbau agar orang lain jangan sampai seperti dirinya kehilangan fungsi paru-paru akibat kebiasaan merokok.

"Sumpah rasanya sakit dan cara ngobatinnya bakalan nyiksa kalian berhari2. niko ajak kalian semua buat hidup lebih sehat, rokok bener- bakalan nyiksa kalian suatu saat nanti," tulis Niko di Facebook pada 31 Juli lalu dan kini telah dibagikan lebih dari 20 ribu kali.

Istri Niko, Dea, mengaku bahwa dokter mendiagnosisnya dengan kondisi kolaps paru-paru sebelah kiri karena pneumothorax spontan. Niko yang sebelum jatuh sakit adalah seorang perokok aktif disarankan agar segera menghentikan kebiasaan tersebut.

"Paru dia dibor, sampai sekarang kena asap jadi engap. Dia (dulu -red) perokok satu hari satu bungkus," kata Dea saat dihubungi detikHealth pada Selasa (27/8/2019).



Apa itu pneumothorax spontan? Dikutip dari situs Rumah Sakit (RS) Anak Philadelphia, pneumothorax spontan adalah kondisi kolapsnya paru-paru tanpa penyebab jelas.

Pneumothorax terjadi ketika ada kebocoran udara ke dalam ruang antara paru-paru dan dinding dada. Akibatnya paru jadi terdesak oleh udara yang bocor, menimbulkan rasa nyeri, hingga akhirnya kesulitan bernapas.

Menurut ahli emergensi dr John P. Cunha dari RS Holy Cross merokok bisa jadi salah satu faktor risiko penyebab pneumothorax.

"Penyebab kolapsnya paru-paru ini bisa karena trauma di rongga dada, merokok, penyalahgunaan obat-obatan, dan beberapa penyakit," ujarnya seperti dikutip dari emedicinehealth.



Simak Video "WHO Soroti Korelasi Perokok dan Kematian Akibat COVID-19 di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)